Pengaruh tingkat pemahaman, motivasi ekonomi dan orientasi karier terhadap minat mahasiswa Akuntansi Syariah mengikuti Ujian Sertifikasi Akuntansi Syariah (USAS)

Safitri, Ida (2020) Pengaruh tingkat pemahaman, motivasi ekonomi dan orientasi karier terhadap minat mahasiswa Akuntansi Syariah mengikuti Ujian Sertifikasi Akuntansi Syariah (USAS). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of kripsi_1605046065_Ida Safitri_lengkap]
Preview
Text (kripsi_1605046065_Ida Safitri_lengkap)
1605046065_Ida Safitri_Lengkap Tugas Akhir - ida safitri(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sektor keuangan syariah di Indonesia mengalami perkembangan yang pesat. Hal ini tidak sejalan dengan kiprah dari akuntan syariah yang secara nominal masih terbatas. Demikian terdapat berbagai macam faktor baik internal maupun eksternal yang mempengaruhi keputusan mahasiswa akuntansi syariah untuk memilih karier di bidang akuntansi syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel tingkat pemahaman, motivasi ekonomi dan orientasi karier terhadap minat mahasiswa akuntansi syariah Universitas Islam Negeri Walisongo untuk mengikuti Ujian Sertifikasi Akuntansi Syariah (USAS).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan didapat populasi sebanyak 207 mahasiswa. Selanjutnya, sampel dihitung menggunakan rumus Slovin dan didapat hasil 67 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan bentuk pernyataan tertutup dan jawaban di ukur menggunakan skala likert. Data dianalisis menggunakan uji regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman berpengaruh tidak signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi syariah untuk mengikuti Ujian Sertifikasi Akuntansi Syariah (USAS), motivasi ekonomi berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi syariah untuk mengikuti Ujian Sertifikasi Akuntansi Syariah (USAS), dan orientasi karier berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi syariah untuk mengikuti Ujian Sertifikasi Akuntansi Syariah (USAS).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tingkat pemahaman; Motivasi ekonomi; Orientasi karier; Mahasiswa; Ujian Sertifikasi Akuntansi Syariah (USAS)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 09 Sep 2021 04:40
Last Modified: 09 Sep 2021 04:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13259

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics