Analisis pengaruh penerbitan sukuk, Sertifikat Investasi Mudharabah Antarbank Syariah (SIMA), dan Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS) terhadap pembiayaan sektor umkm di Indonesia

Setyaningsih, Triana (2020) Analisis pengaruh penerbitan sukuk, Sertifikat Investasi Mudharabah Antarbank Syariah (SIMA), dan Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS) terhadap pembiayaan sektor umkm di Indonesia. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1605036037_TRIANA_SETYANINGSIH]
Preview
Text (SKRIPSI_1605036037_TRIANA_SETYANINGSIH)
SKRIPSI_1605036037_TRIANA_SETYANINGSIH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Selain sebagai lembaga intermediasi keuangan, bank syariah juga mempunyai peran dalam membangun perekonomian sektor riil. Salah satu kegiatan usaha bank syariah dalam membantu perekonomian di sektor riil adalah menyalurkan pembiayaan kepada sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Untuk meningkatkan kuantitas penyaluran pembiayaan pada sektor UMKM, bank syariah perlu menjaga kestabilan likuiditasnya. Dalam hal ini, penerbitan sukuk, Sertifikat Investasi Mudharabah Antarbank Syariah (SIMA), dan penempatan Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS) dianggap mempengaruhi likuiditas bank dalam menyalurkan pembiayaan UMKM.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerbitan sukuk, SIMA, dan SBIS sebagai variabel independen terhadap pembiayaan sektor UMKM sebagai variabel dependen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif-asosiatif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik kepustakaan dan dokumentasi. Data yang digunakan merupakan data sekunder time series yang diperoleh dari Statistik Perbankan Syariah periode 2016 hingga 2018 dengan populasi bank umum syariah di Indonesia. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis (uji F dan uji t).
Berdasarkan hasil analisis uji t menunjukkan bahwa variabel penerbitan sukuk dan SBIS masing-masing berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pembiayaan sektor UMKM di Indonesia. Sedangkan, variabel SIMA mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap pembiayaan sektor UMKM di Indonesia. Hasil uji F menunjukkan bahwa penerbitan sukuk, SIMA, dan SBIS secara simultan berpengaruh terhadap pembiayaan sektor UMKM di Indonesia dengan kontribusi sebesar 77,57% sedangkan sisanya 22,43% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penerbitan Sukuk; SIMA; SBIS; Pembiayaan UMKM
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 19 Jun 2021 07:29
Last Modified: 19 Jun 2021 07:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13280

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics