Analisis pengaruh defisit transaksi berjalan, Indeks Harga Konsumen (IHK) dan Purchasing Manager's Index (PMI) terhadap harga saham : studi perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2015-2018

Fahmi, Maftukh Nur (2020) Analisis pengaruh defisit transaksi berjalan, Indeks Harga Konsumen (IHK) dan Purchasing Manager's Index (PMI) terhadap harga saham : studi perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2015-2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1505026059_Maftukh_Nur_Fahmi]
Preview
Text (Skripsi_1505026059_Maftukh_Nur_Fahmi)
Skripsi_1505026059_Maftukh_Nur_Fahmi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Neraca transaksi berjalan, indeks harga konsumen, purchasing manager’s index merupakan komponen penting untuk menilai ekonomi. Neraca transaksi berjalan merupakan komponen penting dalam neraca pembayaran Indonesia. Indeks harga konsumen merupakan dasar untuk menghitung tingkat inflasi. Purchasing manager’s index merupakan indeks yang mengukur seberapa kuat sektor manufaktur dan jasa untuk melakukan ekspansi atau mengalami kontraksi.
Penelitian ini menganalisis tentang pengaruh antara defisit transaksi berjalan, indeks harga konsumen, purchasing manager’s index dan harga saham yang terdaftar di JII tahun 2015 sampai dengan tahun 2018. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program IBM SPSS Statistics 25. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data tahunan yang diperoleh dari website www.bps.go.id, www.bi.go.id, Refinitiv, Trading Economics, Nikkei Shimbun, www.idx.go.id. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 15 saham yang terdaftar di JII yang diambil menggunakan metode purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa defisit transaksi berjalan, indeks harga konsumen, purchasing manager’s index tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham baik secara parsial maupun simultan. Hal ini menunjukkan bahwa kondisi faktor ekonomi tidak selalu menjadi acuan utama dalam perubahan harga saham.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Defisit transaksi berjalan; Indeks Harga Konsumen (IHK); Purchasing Manager's Index (PMI); Harga sahamJakarta Islamic Index (JII)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.6 Investasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 21 Jun 2021 04:11
Last Modified: 21 Jun 2021 04:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13284

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics