Analisis peran dana zakat dalam meningkatkan kesejahteraan mustahik : studi kasus Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Kendal

Fatmawati, Desy (2020) Analisis peran dana zakat dalam meningkatkan kesejahteraan mustahik : studi kasus Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1505026084_DESY_FATMAWATI]
Preview
Text (SKRIPSI_1505026084_DESY_FATMAWATI)
SKRIPSI_1505026084_DESY_FATMAWATI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah yang biasa dihadapi oleh negara berkembang salah satunya adalah kesejahteraan rakyatnya, tak terkecuali Negara Indonesia. Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Kendal merupakan salah satu lembaga pengelola zakat yang dibentuk pemerintah. BAZNAS mempunyai visi menjadi pusat zakat,.yang mampu dan dapat diandalkan untuk memberikan layanan yang tepat untuk muzaki berzakat dengan benar serta dapat mensejahterakan mustahik menuju Kabupaten Kendal berkah. Salah satu program dari BAZNAS yaitu zakat produktif, Kendal makmur adalah Program BAZNAS Kab. Kendal untuk memberdayakan Mustahik dengan tujuan mentransformasi mustahik menuju quadran muzakki dan mewujudkan masyarakat muslim yang mandiri sejahtera dan makmur melalui bantuan modal usaha yang diberikan kepada fakir miskin untuk melaksanakan usaha produktif. Permasalahan yang akan dicari jawabannya dalam skripsi ini adalah bagaimana peran dana zakat dalam meningkatkan kesejahteraan mustahik Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Kendal dan bagaimana pengaruh kesejahteraan mustahik setelah menerima bantuan zakat produktif dilihat dari aspek pendapatannya.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Peneliti mengalisis sumber data yang sudah terkumpul mengenai bagaimana peran dana zakat dalam meningkatkan kesejahteraan muustahik serta adakah pengaruh kesejahteraan mustahik setelah menerima bantuan zakat dilihat dari aspek pendapatannya. Dimana pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisa data, penulis menggunakan analisis deskriptif dari data-data yang dikumpulkan oleh peneliti.
Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, peran dana zakat dalam meningkatkan kesejahteraan mustahik sudah mampu berperan untuk meningkatkan kesejahteraan mustahik karena dari ketiga aspek (indikator) kesejahteraan mustahik yaitu aspek moral dan psikologis (tingkat.kebutuhan.dasar), aspek sosial (tingkat.kehidupan), aspek ekonomi (memperluas skala.ekonomi.dan.ketersediaan.pilihan.sosial.dari.individu.dan.bangsa) sudah terpenuhi. Pengaruh kesejahteraan mustahik setelah menerima bantuan dana zakat dilihat dari aspek pendapatan memang 80% dari mustahik pendapatannya meningkat dikarenakan vasiasi, dan tempat yang strategis dalam merintis usaha dan 20% dari mustahik tidak meningkat dikarenakan mustahik ada yang mengalami kendala secara pribadi sehingga ushanya terhambat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Zakat; Kesejahteraan; Mustahik; Badan Amil Zakat Nasional
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 21 Jun 2021 04:28
Last Modified: 21 Jun 2021 04:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13286

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics