Manajemen pengumpulan zakat, infaq,shadaqah di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Tegal dalam prespektif ekonomi Islam : studi kasus BAZNAS di Kabupaten Tegal

Isnandani, Syavira (2020) Manajemen pengumpulan zakat, infaq,shadaqah di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Tegal dalam prespektif ekonomi Islam : studi kasus BAZNAS di Kabupaten Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1505026124_syavira_isnandani]
Preview
Text (Skripsi_1505026124_syavira_isnandani)
Skripsi_1505026124_syavira_isnandani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang terjadi pada BAZNAS Kabupaten Tegal yang sebelumnya adalah BAZDA,penulis ingin mengetahui lebih jauh lagi tentang peralihannya dari BAZDA ke BAZNAS mulai dari manajemennya, pengumpulannya, serta ZISnya. Dsehingga penulis mengangkat judul skripsi “Manajemen Pengumpulan Zakat,Infaq,Shadaqah di Baznas Kabupaten Tegal” guna agar dapat menambah wawasan serta bahan referensi untuk penelitian selanjutnya.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah:1.Bagaimana Manajemen yang digunakan Badan Amil Zakat Nasional di kabupaten tegal? 2.Bagaimana Manajemen dana zakat, infaq, shadaqah di Badan Amil Zakat Nasional kabupaten tegal?3.Faktor penghambat serta pendukung apa saja yang mempengaruhi pengumpulan zakat, infaq, shadaqah yang ada di badan amil zakat nasional kabupaten tegal? Skripsi ini bermanfaat bagi BAZNAS Kabupaten Tegal, sebagai masukan dan pertimbangan serta referensi untuk memperbaiki manajemen dana zakat, infaq dan shadaqah. Bagi UIN Walisongo Seamarang, sebagai bahan referensi untuk dosen dan mahasiswa dalam kegiatan pendidikan di kampus.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dan dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode obeservasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang menganalisis data tertulis maupun lisan tentang fenomena yang terjadi. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa manajemen zakat, infak, shadaqah yang digunakan BAZNAS Kabupaten Tegal belum maksimal.
Hasil penelitian yang diperoleh oleh penulis dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan jumlah dana zakat, infaq, dan shadaqah yang berhasil dihimpun oleh Unit Pengumpul Zakat sebagai implementasi dari pengoptimalan kinerja yang dilakukan oleh BAZNAS Kabupaten Tegal pada tahun 2019 dapat mencapai jumlah Rp. 2.344.063.614, peningkatan tersebut bersamaan dengan peningkatan dana yang disalurkan kepada mustahiq. Adanya sumber daya manusia dan lingkungan kerja yang kurang mendukung merupakan kendala dari optimalisasi kinerja Unit Pengumpul Zakat. Dan hasil dari analisis performance kinerja Unit Pengumpul Zakat adalah kemampuan (ability) yang dimiliki tiap Unit Pengumpul Zakat belum seluruhnya optimal, usaha (effort) yang dicurahkan dalam melakukan pekerjaan seperti menyetorkan dana penghimpunan juga belum optimal, sedangkan dukungan(support) yang diberikan BAZNAS Kabupaten Tegal untuk kegiatan penghimpunan Unit Pengumpul Zakat sudah optimal. Penulis menyarankan kepada BAZNAS Kabupaten Tegal sebaiknya mengadakan pelatihan dan pengembangan terhadap pengurus Unit Pengumpul Zakat yang kurang memiliki kemampuan dalam bidang pengumpulan dana zakat, infaq, dan shadaqah. Selain itu BAZNAS Kabupaten Tegal juga harus membantu Unit Pengumpul Zakat untuk berkoordinasi dengan para pembuat kebijakan seperti kepala dinasagar kegiatan yang dilakukan mendapatkan dukungan dari pembuat kebijakan di wilayah kerja. Adapun Saran terhadap penelitian ini, hendaknya dilanjutkan dengan penelitian lain dengan fokus pengumpulan. Karena, kegiatan pengumpulan yang dilakukan oleh seluruh organisasi pengelola zakat harus bersamaan dengan kegiatan pendistribusian yang diserahkan pada mustahiq.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen zakat; Infaq; Shadaqah; Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS); Ekonomi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 21 Jun 2021 04:38
Last Modified: 21 Jun 2021 04:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13287

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics