Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, solvabilitas dan kualitas audit terhadap perilaku income smoothing : studi kasus pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2018

Hawa, Salsabila Rasuna (2020) Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, solvabilitas dan kualitas audit terhadap perilaku income smoothing : studi kasus pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1605046026_Salsabila_Rasuna_Hawa] Text (Skripsi_1605046026_Salsabila_Rasuna_Hawa)
Skripsi_1605046026_Salsabila_Rasuna_Hawa.pdf - Accepted Version

Download (976kB)

Abstract

Laporan keuangan adalah sebuah alat penting yang dibutuhkan oleh berbagai pihak kaitannya dengan menilai dan mengambil keputusan terhadap sebuah perusahaan. Beberapa pihak yang membutuhkan laporan keuangan diantara adalah pemilik perusahaan, calon investor, investor, kreditor, lembaga pemerintahan, LSM, dan masyarakat. Biasanya bagian pada laporan keuangan yang menjadi sorotan pihak-pihak tersebut adalah laba. Hal ini membuat manajer akan melakukan berbagai macam cara untuk membuat laporan keuangan terlihat baik dan akan menguntungkan pihak manajemen itu sendiri. Salah satu cara yang sering digunakan manajer dalam memanipulasi laporan keuangan adalah dengan melakukan perataan laba.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh variabel ukuran perusahaan, profitabilitas, solvabilitas, dan kualitas audit terhadap praktik perataan laba. Penelitian dilakukan pada 16 perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2015-2018. Sampel yang dipilih didapat dari metode purposive sampling. Penghitungan perusahaan yang melakukan perataan laba menggunakan Index Eckel, metode yang digunakan untuk melihat pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah regresi logistik.
Hasil dari penelitian adalah ukuran perusahaan berpengaruh terhadap praktik perataan laba, sedangkan tiga variabel lainnya yaitu profitabilitas, solvabilitas, dan kualitas audit tidak berpengaruh terhadap praktik perataan laba.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perataan laba; Ukuran perusahaan; Profitabilitas; Solvabilitas; Kualitas audit; Income smoothing; Perusahaan manufaktur
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.6 Investasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Sep 2021 13:28
Last Modified: 28 Mar 2022 01:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13290

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics