Pengaruh good governance terhadap kualitas laporan keuangan dengan SIMDA sebagai variabel moderating pemerintah di Kabupaten Pati

Wijayanti, Wijayanti (2020) Pengaruh good governance terhadap kualitas laporan keuangan dengan SIMDA sebagai variabel moderating pemerintah di Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1605046045_Wijayanti_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1605046045_Wijayanti_lengkap)
1605046045_Wijayanti_Skripsi full - wija yanti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh good governance terhadap kualitas laporan keuangan dan untuk mengetahui seberapa besar SIMDA dalam memoderating pengaruh good governance terhadap kualitas laporan keuangan. Good governance merupakan suatu pemerintahan yang baik dan sebagai jembatan awal penyusunan laporan keuangan yang berkualitas. Dalam mencapai laporan keuangan yang bermutu, maka harus didasarkan pada standar akuntansi pemerintah yang telah ditetapkan. Laporan keuangan yang berkualitas akan mempersempit tindakan untuk melakukan korupsi maupun kecurangan lainnya. Setiap tahunnya laporan keuangan tersebut akan diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan dan pengeluaran opini atas laporan keuangan yang telah selesai diaudit.
Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah kuantitatif dan menggunakan data berlandaskan angket atau kuesioner. Sampel yang digunakan adalah probability sampling. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket pada Organisasi Perangkat Daerah terkait. Data dianalisis menggunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik dan analisis akhir yang terdiri atas analisis regresi sederhana, uji interaksi moderating, uji F, uji t (parsial), dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian yang diperoleh bahwasannya good governance berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Hal tersebut dibuktikan dari signifikansi yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel ( 5,475 > 1,679). Sedangkan SIMDA dapat “memperkuat” pengaruh good governance terhadap kualitas laporan keuangan. Hasil tersebut dibuktikan dari grafik uji interak yang menggambarkan jika SIMDA menjadi variabel moderating pengaruh good governance terhadap kualitas laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Good governance; SIMDA; Laporan keuangan; Pemerintah daerah
Subjects: 300 Social sciences > 350 Public administration > 352 Of local governments
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 09 Sep 2021 04:54
Last Modified: 09 Sep 2021 04:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13294

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics