Analisis penerapan akuntansi dan penggunaan informasi akuntansi pada UMKM : studi kasus pada UMKM yang terdaftar di pembiayaan Bank BRI Syariah KCP Semarang Majapahit

Fatkhiyah, Fibaroina Nida (2020) Analisis penerapan akuntansi dan penggunaan informasi akuntansi pada UMKM : studi kasus pada UMKM yang terdaftar di pembiayaan Bank BRI Syariah KCP Semarang Majapahit. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1605046058_Fibaroina Nida Fatkhiyah_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1605046058_Fibaroina Nida Fatkhiyah_lengkap)
1605046058_Fibaroina Nida F_Full Skripsi - Fibaroina Nida.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pencatatan akuntansi pada UMKM berperan penting dalam menyediakan informasi usaha sehingga dapat digunakan secara efisien untuk mengevaluasi kegiatan UMKM dan untuk pengambilan suatu keputusan. Dengan adanya pencatatan keuangan yang transparan dan akuntabel maka UMKM dapat menggunakan informasi akuntansi.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan pencatatan akuntansi dan penggunaan informasi akuntansi pada pelaku UMKM. UMKM pada penelitian ini yaitu 10 UMKM yang telah terdaftar pada pembiayaan Bank BRI Syariah KCP Semarang Majapahit.
Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sifat deskriptif. Metode ini menggunakan pendekatan studi kasus. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian menyatakan: penerapan pencatatan akuntansi dan penggunaan informasi akuntansi pada UMKM yang terdaftar pada pembiayaan Bank BRI Syariah KCP Semarang Majapahit telah diterapkan meskipun sifatnya masih sederhana. UMKM telah melakukan pengakuan akuntansi seperti aktiva, hutang, ekuitas, pendapatan dan harga pokok, serta beban-beban. Laporan keuangan yang dibuat berupa arus kas dan catatan atas laporan keuangan. UMKM juga telah menggunakan informasi akuntansi berupa informasi operasi, informasi manajemen, dan informasi keuangan untuk mengambil suatu keputusan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Akuntansi; Informasi akuntansi; UMKM
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Sep 2021 13:38
Last Modified: 11 Sep 2021 13:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13296

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics