Penerapan produk simpanan wadiah di KSPPS Tamzil Bina Utama Wonosobo Kejajar

Pramudita, Ratih Bela (2020) Penerapan produk simpanan wadiah di KSPPS Tamzil Bina Utama Wonosobo Kejajar. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705015011_Ratih Bela Pramudita_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1705015011_Ratih Bela Pramudita_Lengkap)
1705015011_Ratih Bela Pramudita_Full Skripsi - Ratih Bela Pramudita.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tugas akhir ini berjudul Penerapan Produk Simpanan Akad Wadiah di KSPPS Tamzis Bina Utama Wonosobo KC Kejajar. Penelitian ini didasarkan pada banyaknya minat dari masyarakat setempat untuk menggunakan akad wadiah sebagai produk simpanannya.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan di KSPPS Tamzis Bina Utama Wonosobo KC Kejajar dengan pendekatan kualitatif menggunakan sumber data primer dan sekunder, sedangkan untuk metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi serta dengan metode analisis data menggunakan metode deskripsi.
Penelitian ini berisi tentang penerapan produk simpanan akad wadiah dengan prosedur calon anggota harus mengisi formulir pendaftaran diri di salah satu cabang KSPPS Tamzis Bina Utama dahulu dan setelah terdaftar menjadi anggota KSPPS Tamzis Bina Utama, anggota boleh untuk membuka rekening simpanan wadiah. Dengan menggunakan produk simpanan akad wadiah ini anggota dapat menitipkan dananya dan dapat mengambilnya sewaktu waktu sesuai dengan kehendaknya.
Penerapan produk simpanan akad wadiah ini sudah diterapkan sesuai dengan prinsip syariah. Bukti dari kesyariahan tersebut adalah dengan melaluinya penitipan anggota kepada kolektor dan para kolektor tersebut menyerahkan titipan uang para anggota kepada pihak KSPPS Tamzis Bina Utama untuk dimanfaatkan pada sektor usaha yang produktif dan halal berdasarkan pada prinsip syariah.
Di KSPPS Tamzis Bina Utama dananya dikelola melalui produk pembiayaan yang mendapatkan bagi hasil. Dari adanya pendapatan tersebut, KSPPS Tamzis Bina Utama memberikan bonus kepada anggotanya pada setiap bulan berupa saldo atau souvenir dengan persyaratan tidak boleh diperjanjikan di awal akad.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Simpanan; Akad wadiah; KSPPS
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 09 Oct 2021 02:50
Last Modified: 09 Oct 2021 02:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13310

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics