Implementasi prinsip 5C dalam pembiayaan akad ijarah di KSPPS Marhamah Cabang Sukoharjo Wonosobo

Iryani, Riza Mega (2020) Implementasi prinsip 5C dalam pembiayaan akad ijarah di KSPPS Marhamah Cabang Sukoharjo Wonosobo. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705015014_Riza Mega Iryani_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1705015014_Riza Mega Iryani_lengkap)
1705015014_RIZA MEGA IRYANI_FULL TUGAS AKHIR - Riza Mega Iryani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

KSPPS BMT Marhamah Wonosobo mempunyai beberapa produk pembiayaan, namun yang paling banyak digunakan adalah pembiayaan dengan akad ijarah. Produk pembiayaan ini digunakan masyarakat khususnya pelaku bidang usaha untuk mengembangkan usahanya. Dalam melakukan penyaluran pembiayaan, tentu Lembaga Keuangan Mikro Syariah yaitu BMT (Baitul Mal WatTamwil) harus memperhatikan prinsip kehati-hatian. Sebelum memberikan pembiayaan kepada anggotanya, pihak BMT harus menganalisis prinsip 5C. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur akad ijarah dan bagaimana implementasi prinsip 5C pada pembiayaan ijarah yang diterapkan di KSPPS Marhamah Wonosobo.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan kalimat sederhana sehingga mendapatkan kesimpulan sebagai hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa analisis prinsip 5C diterapkan dengan baik yaitu sesuai dengan prinsip 5C, yang meliputi Character (karakter nasabah) yang dapat diketahui melalui tetangga sekitar dan tokoh masyarakat, Capacity (kemampuan nasabah) dapat diketahui dari slip gaji serta pengeluarannya, Capital (kekayaan yang dimiliki) dapat dilihat langsung dengan kondisi asset, Condition (kondisi ekonomi) dapat dianalisis bagaimana prospek usahanya, Collateral (jaminan) dianalisis berdasarkan nilai barang jaminan harus lebih besar daripada besarnya pembiayaan yang diajukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: KSPPS; BMT; Pembiayaan; Akad ijarah; Prinsip 5C
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 09 Oct 2021 02:58
Last Modified: 09 Oct 2021 02:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13312

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics