Mekanisme pembelian kendaraan roda empat melalui akan murabahah di BPRS Asad Alid Ngadirejo

Rizkiyah, Siti (2020) Mekanisme pembelian kendaraan roda empat melalui akan murabahah di BPRS Asad Alid Ngadirejo. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705015017_Siti Rizkiyah_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1705015017_Siti Rizkiyah_lengkap)
1705015017_Siti Rizkiyah_Full Skripsi - rizkiyah siti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam era globalisasi saat ini kebutuhan masyarakat akan sarana transportasi semakin meningkat. Hal ini dikarenakan adanya transportasi dapat menghemat waktu tempuh suatu perjalanan menjadi lebih cepat. Setiap orang mempunyai impian untuk memiliki kendaraan yang berguna sebagai penunjang dalam pekerjaan maupun aktivitas sehari-hari. Namun dikarenakan terbatasnya dana, tidak semua orang mampu memiliki sarana transportasi yang dimiliki. Saat ini masalah biaya bukan lagi penghalang untuk memiliki sarana transportasi yang diinginkan. Perbankan syariah kini hadir dengan sebuah produk pembiayaan yang dapat membuat masyarakat dapat memenuhi kebutuhan salah satunya transportasi.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang datanya diperoleh dari sumber data primer dan data sekunder. Kemudian data tersebut dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk memberikan gambaran terhadap terkait subjek penelitian berdasarkan data yang diperoleh, teknik analisisa yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif.
Hasil penelitian yang dilakukan di BPRS Asad Alif dapat disimpulkan: nasabah yang akan mengajukan permohonan pembiayaan harus mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh pihak BPRS Asad Alif Ngadirejo dengan menyerahkan fotocopy KTP suami istri, akta nikah, KK, serta jaminan dapat berupa BPKB disertai STNK atau SPPT. Kemudian pihak bank akan melakukan wawancara dan survey serta melakukan penilaian pembiayaan kepada nasabah menggunakan prinsip 5C (Character, Capacity, Capital, Collateral, Condition). Selain itu dalam penentuan harga jual, pihak BPRS Asad Alif menggunakan metode keuntungan flat dalam perhitungannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Akad murabahah; Pembiayaan; Kendaraan; BPRS
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 09 Oct 2021 03:07
Last Modified: 09 Oct 2021 03:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13314

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics