Implementasi akad murabahah pada pembiayaan back to back di KSPPS Bina Niaga Utama Semarang

Sa’adah, Miftah Nur (2020) Implementasi akad murabahah pada pembiayaan back to back di KSPPS Bina Niaga Utama Semarang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705015026_Miftah Nur Sa’adah_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1705015026_Miftah Nur Sa’adah_lengkap)
1705015026_Miftah Nur Sa_adah_Full Tugas Akhir - miftah nursa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembiayaan adalah suatu produk untuk mnghimpunan dana yang dilakukan oleh lembaga keuangan syariah. Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Bina Niaga Utama Semarang adalah lembaga keuangan syariah yang berbadan hukum koperasi serta bergerak pada bidang jasa keuangan syariah. Salah satu produk penghimpunan jasa di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Bina Niaga Utama Semarang yang menggunakan akad murabahah yaitu pembiayaan Back to Back. Pembiayaan Back to Back adalah pembiayaan dengan menggunakan produk simpanan sebagai jaminan, yaitu tabungan dan deposito. Simpanan yang dapat dijadikan jaminan di KSPPS Binama yaitu Simpanan Sukarela Lancar (Sirela), Tabungan Arisan Berhadiah (Tarbiah), dan Simpanan Sukarela Berjangka (Sisuka).
Penulis mengambil judul “Implementasi Akad Murabahah pada Pembiayaan Back to Back di KSPPS Bina Niaga Utama Semarang”. Tujuan dari penulisan ini yaitu untuk mengetahui bagaimana implementasi akad murabahah pada pembiayaan Back to back dan upaya penyelesaian pembiayaan bermasalah. Untuk itu, rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana implementasi akad murabahah pada pembiayaan Back to Back di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Bina Niaga Utama Semarang dan apa upaya yang dilakukan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Bina Niaga Utama Semarang pada pembiayaan yang bermasalah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan data sekunder diperoleh dari buku-buku serta jurnal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Bina Niaga Utama Semarang telah menerapkan akad murabahah pada pembiayan Back to Back sesuai dengan ketentuan yang berlaku secara umum. Dan dalam upaya penyelesaian pembiayaan berrmasalah pada pembiayaan Back to Back dilakukan dengan upaya pencairan jaminan tabungan atau deposito yang dimiliki oleh anggota apabila anggota mengalami tunggakan 2 kali angsuran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan; Jaminan; Simpanan; Akad murabahah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 09 Oct 2021 03:23
Last Modified: 09 Oct 2021 03:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13319

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics