Strategi peningkatan kualitas pelayanan produk SIRELA (Simpanan Sukarela Lancar) pada KSPPS BMT Al Hikmah

Agustina, Martina Riski (2020) Strategi peningkatan kualitas pelayanan produk SIRELA (Simpanan Sukarela Lancar) pada KSPPS BMT Al Hikmah. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705015027_Martina Riski Agustina_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1705015027_Martina Riski Agustina_lengkap)
1705015027_Martina Riski Agustina_Full Tugas Akhir - Martina Riski.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

KSPPS BMT Al Hikmah adalah lembaga keuangan swadayan masyarakat berbasis syariah yang tumbuh dan berkembang di Kecamatan Ungaran. Hadirnya KSPPS BMT Al Hikmah sebagai alternatif masyarakat Ungaran yang ingin bertransaksasi dengan prinsip syariah. Seiring berkembangnya KSPPS BMT Al Hikmah yang sudah berumur 20-an yang sudah semakin maju dan teknologi yang semakin canggih berkemanglah KSPPS BMT Al Hikmah dengan membuka kantor cabang yaitu: Gunung Pati, Babadan, Bandungan, Karang Jati, dan Bawen.
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui strategi apa saja yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan karyawan pada KSPPS BMT Al Hikmah. (2) Untuk mengetahui arti penting pelayanan BMT bagi anggota dan karyawan KSPPS BMT Al Hikmah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang dihasilkan dari data deskriptif berupa kata-kata maupun dari narasumber yang berkaitan. Dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh secara langsung melalui wawancara, sedangkan data sekunder bersumber dari: buku, jurnal penelitian terdahulu, artikel, brosur dan sumber informasi tertulis lainnya.
Hasil dari penelitian ini menujukkan strategi peningkatan kualitas pelayanan karyawan terhadap produk SIRELA dengan meningkatkan mutu SDM adalah dengan cara memberikan motivasi kerja kepada karyawan, memberikan diklat (pelatihan) dan diberikan promosi jabatan. Pelayanan juga mempunyai arti yang bagi anggota dan karyawan diantaranya memberikan rasa puas diantara anggota karena merasa dipentingkan dan memberikan rasa puas karyawan karena berhasil memberikan pelayanan yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan; SIRELA (Simpanan Sukarela Lancar); KSPPS; BMT; Tabungan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 09 Oct 2021 07:04
Last Modified: 09 Oct 2021 07:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13320

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics