Peran pembiayaan murabahah dalam pengembangan usaha mikro pada anggota di BMT Al Hikmah Ungaran Cabang Karangjati

Sari, Sella Puspita (2020) Peran pembiayaan murabahah dalam pengembangan usaha mikro pada anggota di BMT Al Hikmah Ungaran Cabang Karangjati. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TA_1705015034_Sella_Puspita_Sari]
Preview
Text (TA_1705015034_Sella_Puspita_Sari)
1705015034_Sella Puspita Sari_Full Tugas Akhir - Sella Puspita sari(3).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tugas Akhir ini dengan judul ‘Peran Pembiayaan Murabahah dalam Pengembangan Usaha Mikro pada Anggota di BMT Al Hikmah Ungaran cabang Karangjati’ ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun permasalahannya yaitu a. apakah pembiayaan murabahah berperan dalam mengembangkan usaha mikro anggota di BMT Al Hikmah Ungaran cabang Karangjati? b. Bagaimana produk pembiayaan murabahah di BMT Al Hikmah Ungaran cabang Karangjati?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang disajikan tidak dalam bentuk angka. Melalui metode deskriptif data dikumpulkan, disusun, dikelompokkan, dianalisis kemudian di integrasikan sehingga menjadi gambaran yang jelas dan terarah mengenai masalah yang diteliti. Adapun sumber data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari BMT dan wawancara, serta data sekunder yang diperoleh dari buku-buku mapun dokumen tertulis. Sedangkan metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis di BMT Al Hikmah Ungaran cabang Karangjati, dapat disimpulkan bahwa pembiayaan murabahah yang telah dilakukan oleh anggota pembiayaan tersebut sangat membantu dalam mengembangkan usaha mikro para anggota. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan modal usaha, peningkatan barang, peningkatan pendapatan serta berkembangnya usaha mikro para anggota. Pembiayaan murabahah yang dilakukan oleh BMT telah berperan dalam mengembangkan usaha mikro para anggota yang telah melakukan pembiayaan murabahah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan; Murabahah; Usaha mikro; BMT
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 09 Oct 2021 07:12
Last Modified: 09 Oct 2021 07:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13324

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics