Mekanisme pembiayaan sewa tempat tinggal menggunakan akad ijarah di BMT Al Hikmah Ungaran

Ekayanti, Lilik (2020) Mekanisme pembiayaan sewa tempat tinggal menggunakan akad ijarah di BMT Al Hikmah Ungaran. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TA_1705015038_Lilik_Ekayanti]
Preview
Text (TA_1705015038_Lilik_Ekayanti)
1705015038_Lilik Ekayanti_Lengkap Tugas Akhir - Lilik Ekayanti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

KSPPS BMT Al Hikmah Ungaran yaitu lembaga ekonomi mikro yang tumbuh serta berkembang di wilayah Ungaran, BMT Al Hikmah ini menyalurkan produknya dalam bentuk funding dan landing baik simpanan maupun pembiayaan, salah satu produk pembiayaan yang sering digunakan oleh anggotanya dan disalurkan oleh BMT Al Hikmah yaitu pembiayaan dengan menggunakan akad ijarah terutama untuk pembiayaan sewa tempat tinggal, dimana produk pembiayaan ini sangat menarik minat anggota lama ataupun anggota baru karena dengan adanya produk pembiayaan ini dapat membantu para anggota untuk dapat melakukan pembiayaan baik sewa produk jasa maupun sewa barang yang biaya sewanya sesuai dengan kesepakatan dari pihak BMT dengan anggotanya. Pembiayaan dalam bentuk sewa dapat diterapkan untuk pembiayaan perjalanan, pembiayaan pendidikan, biaya untuk berobat, pembiayaan sewa tempat usaha, terutama biaya sewa tempat tinggal.

Dari penjabaran di atas bahwa peneliti berkeinginan untuk mengetahui mengenai bagaimana mekanisme pembiayaan sewa tempat tinggal menggunakan akad ijarah di BMT Al Hikmah Ungaran

Model penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan yang bertempat di BMT Al Hikmah Ungaran. Data yang dipakai pada penelitian yaitu berbentuk data kualitatif yang terdiri atas data sekunder serta primer. Selain itu data penelitian juga didapatkan melalui observasi dan wawancara secara langsung dan diperoleh juga dari dokumentasi. Semua data yang terkumpul lalu di analisis memakai cara deskriptif analisis. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini yaitu mekanisme pembiayaan sewa tempat tinggal menggunakan akad ijarah dan dalam melakukan transaksi ini BMT Al Hikmah menyeleksi terlebih dahulu calon anggota pembiayaannya menggunakan prinsip 5C ( Character, Capacity, Capital, Collateral dan Condition ) untuk menghindari terjadinya pembiayaan macet dikemudian hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan; Ijarah; Sewa tempat tinggal; BMT
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 09 Oct 2021 07:19
Last Modified: 09 Oct 2021 07:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13326

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics