Implementasi marketing mix pada produk iB multiguna Bank Jateng Syariah KCPS Semarang Barat

Apriliani, Dila (2020) Implementasi marketing mix pada produk iB multiguna Bank Jateng Syariah KCPS Semarang Barat. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TA_1705015039_Dila_Apriliani]
Preview
Text (TA_1705015039_Dila_Apriliani)
1705015039_Dila Apriliani_Full TA - Dila Apriliani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada dunia perbankan, kegiatan pemasaran sangat mempengaruhi terhadap banyaknya nasabah yang akan didapatkan oleh bank tersebut. Marketing atau dalam bahasa Indonesia disebut pemasaran sendiri menjadi hal yang paling penting dalam suatu bisnis bahkan perbankan sekalipun. Tanpa adanya pemasaran, tidak akan terjadi akad jual beli diantara nasabah dengan pihak bank. Penelitian yang dibuat bertujjuan agar mengetahui implementasi marketing mix terhadap produk iB Multiguna pada Bank Jateng Syariah KCPS Semarang Barat sehingga dapat menarik minat masyarakat. Marketing mix adalah suatu strategi yang terdiri dari beberapa unsur terpadu untuk memasarkan produk atau jasa kepada konsumen. Konsep dasar dari marketing mix sendiri adalah dengan memastikan semua komponen secara tepat.
Jenis dari penelitian pada Tugas Akhir adalah penelitian yang bersifat kualitatif, yaitu sebuah penelitian dimana menggunakan latar belakang alami yang dimaksudkan untuk menerapkan terhadap fenomena yang sedang terjadi dengan mellibatkan berbagai macam metode. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi.
Di Indonesia terdapat banyak bank syariah, salah satunya yaitu Bank Jateng Syariah. Bank Jateng Syariah termasuk dalam unit biisnis yang dibuat oleh PT. Bank Jateng untuk pemenuhan dalam kebutuhan barang dan jasa yang berbasis syariah di masyarakat. Bank Jateng Syariah sendiri memiliki banyak produk yang ditawarkan kepada masyarakat. Salah satu produk di Bank Jateng Syariah KCPS Semarang Barat yang paling diminati masyarakat adalah produk iB Multiguna, dimana produk ini menggunakan akad murabahah dengan sistem jual beli atas barang yang diperbolehkan dalam Islam dimana pihak bank memberitahukan harga beli suatu barang kepada nasabah dengan mensyaratkan harga pembelian ditambah dengan margin sesuai dalam kesepakatan.
Hasil dari penelitian ini adalah seluruh komponen 7P dalam strategi marketing mix pada produk iB Multiguna telah diimplementasikan oleh Bank Jateng Syariah KCPS Semarang Barat, harga yang dapat bersaing dengan Bank Syariah lainnya, dan letak lokasi yang sudah strategis, promosi yang masih harus ditingatkan dalam memasarkan produk iB Multiguna, dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi marketing mix pada produk iB Multiguna sudah sesuai dan tergolong baik sehingga mengalami peningkatan dalam jumlah nasabah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Marketing mix; Pemasaran; Bank Syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 09 Oct 2021 07:21
Last Modified: 09 Oct 2021 07:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13327

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics