Implementasi dan mekanisme dalam pembiayaan take over pada BRI Syariah KC Semarang

Sari, Isna Zulfia (2020) Implementasi dan mekanisme dalam pembiayaan take over pada BRI Syariah KC Semarang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TA_1705015042_Isna_Zulfia_Sari]
Preview
Text (TA_1705015042_Isna_Zulfia_Sari)
1705015042_Isna Zulfia Sari_Lengkap Tugas Akhir - isna zulfia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya produk pembiayaan di BRI Syariah KC Semarang. Produk pembiayaan tersebut adalah take over yang merupakan pembiayaan pengalihan utang dari lembaga keuangan konvensional atau bank konvensional ke lembaga syariah atau bank syariah dengan skema akad qardh dan akad murabahah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi akad dan mekanisme yang diterapkan dalam pelaksanaan pembiayaan take over di BRI Syariah KC Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini data-data yang digunakan bersumber dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data primer diperoleh melalui hasil observasi dan wawancara, sedangkan teknik pengumpulan data sekunder didapat dari arsip dokumen BRI Syariah KC Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa terjadinya pembiayaan take over di BRI Syariah KC Semarang disebabkan karena beberapa alasan, yaitu untuk menghindari praktik bunga/riba di bank konvensional serta untuk mendapatkan tambahan modal guna meningkatkan usahanya dalam pembelian barang modal kerja atau untuk investasi nasabah. Mekanisme dalam pembiayaan take over dilakukan melalui beberapa proses, yaitu proses pengajuan verifikasi dan persetujuan, proses pengambilan jaminan, proses akad pembiayaan dan pengikatan jaminan, serta proses realisasi atau pencairan. Adapun skema akad yang diterapkan dalam pembiayaan take over adalah akad qardh dan akad murabahah, dimana nasabah diberikan dana qardh oleh bank syariah untuk membayar sekaligus melunasi utangnya di lembaga keuangan konvensional atau bank konvensional. Setelah utang nasabah dilunasi, maka nasabah menjual barang kepada BRI Syariah dan melunasi qardh. Selanjutnya, BRI Syariah menjual kembali barang yang sudah dibeli dari nasabah dengan akad murabahah. Kemudian nasabah membayarnya secara angsuran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemmbiayaan; Take over; Akad qardh; Akad murabahah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 09 Oct 2021 07:27
Last Modified: 09 Oct 2021 07:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13329

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics