Mekanisme penerapan akad mudharabah mutlaqah pada produk tabungan BTN emas iB di BTN Syariah KCPS Majapahit Semarang

Alifah, Kinanti Aldi (2020) Mekanisme penerapan akad mudharabah mutlaqah pada produk tabungan BTN emas iB di BTN Syariah KCPS Majapahit Semarang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705015046_Kinanti Aldi Alifah_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1705015046_Kinanti Aldi Alifah_lengkap)
1705015046_KINANTI ALDI ALIFAH_Lengkap TA - kinanti aldi alifah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dengan perkembangan perbankan saat ini, mendorong bank untuk mengoptimalkan produk- produknya agar tidak tertinggal dengan bank lain. Salah satunya adalah Bank BTN Syariah yang menyediakan produk tabungan emas, tabungan emas adalah layanan pembelian emas dengan fasilitas titipan yang memberi kemudahan masyarakat untuk investasi emas. Dalam operasional tabungan emas menggunakan akad mudharabah mutlaqah sebagai akad kerja sama dalam kegiatan menabung ini.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana mekanisme penerapan akad mudharabah mutlaqah pada Tabungan BTN Emas IB. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme akad mudhrabah mutlaqah pada Tabungan BTN Emas IB.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan penelitian kualitatif dengan sumber data primer, data sekunder dan pengumpulan data meliputi wawancara dengan karyawan pihak Bank BTN Syariah Majapahit Semarang khususnya bagian Customer Service yang mengetahui bagaimana operasional tabungan emas secara keseluruhan di BTN Syariah Majapahit.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa peran perasional mudhrabah yang terjadi dalam transaksi kerja sama pada produk Tabungan BTN Emas iB telah sesuai dengan syarat mudharabah mutlaqah hal itu ditunjukan dengan adanya shahibul maal yaitu nasabah, dan adanya mudhrib yaitu pihak bank. Serta adanya akad perjanjian nisbah yaitu sebesar 25 % untuk shahibul maal dan 75 % untuk mudharib.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tabungan emas; Mudharabah mutlaqah; Wakalah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 15 Nov 2021 09:01
Last Modified: 15 Nov 2021 09:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13331

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics