Implementasi dan mekanisme model pembiayaan linkage executing pada BRI Syariah KC Semarang

Windana, Ade Elsha Sukma (2020) Implementasi dan mekanisme model pembiayaan linkage executing pada BRI Syariah KC Semarang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705015048_Ade Elsha Sukma Windana_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1705015048_Ade Elsha Sukma Windana_lengkap)
1705015048_Ade Elsha Sukma Windana_Full Tugas Akhir - Ade Elsha.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Linkage program merupakan bentuk kerjasama antara bank dengan Lembaga Keuangan Mikro atau disebut juga dengan kerjasama kemitraan. Selain bertujuan untuk memudahkan bank dalam menyalurkan pembiayaan ke sektor mikro, kerjasama tersebut juga bertujuan dalam rangka mendukung permodalan LKM. BRI Syariah merupakan bank syariah yang telah menjalankan linkage program dengan Kopsyah/BMT menggunakan salah satu jenis model yang digunakan yaitu linkage excuting.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model pembiayaan linkage executing pada produk pembiayaan yang bersifat kemitraan pada BRI Syariah KC Semarang, dan mengetahui mekanisme berjalannya linkage executing tersebut.
Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian lapangan atau disebut field research yang bersifat kualitatif dengan model analisis deskriptif. Sumber data yang diperoleh berupa data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara obeservasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menjelaskan tentang implementasi linkage program yang dijalankan BRI Syariah KC Semarang menggunakan pola executing, dimana akad yang digunakan adalah akad mudharabah dengan skema bagi hasil. Linkage executing tersebut ditujukan untuk penyaluran pembiayaan kepada Kopsyah/BMT untuk dislaurkan kembali ke end user (anggota). BRI Syariah KC Semarang betindak sebagai shahibul maal dan Kopsyah/BMT bertindak sebagai mudharib. Dalam memberikan pembiayaan model linkage executing pada Kopsyah/BMT, maka BRI syariah menetapkan kriteria-kriteria Kopsyah/BMT yang akan dibiayai guna meminimalisir adanya risiko dilakukan dengan kelengkapan persyaratan dan dokumen, serta terdapat monitoring guna memantau perkembangan pembiayaan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: linkage program; linkage executing; mudharabah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 16 Nov 2021 02:31
Last Modified: 16 Nov 2021 02:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13332

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics