Mekanisme peningkatan mutu pelayanan dalam usaha menghimpun dana dari masyarakat pada Bank Jateng Syariah KCP Unissula

Pratiwi, Wika Rachma (2020) Mekanisme peningkatan mutu pelayanan dalam usaha menghimpun dana dari masyarakat pada Bank Jateng Syariah KCP Unissula. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705015049_Wika Rachma Pratiwi_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1705015049_Wika Rachma Pratiwi_lengkap)
1705015049_Wika Rachma Pratiwi_Tugas Akhir Lengkap - Wika Rachma.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bank Jateng Syariah adalah salah satu bank syariah yang terletak di Kota Semarang. Dengan berbagai macam pendanaan pembiayaan yang tersedia di Bank Jateng Syariah adalah Tabungan IB Bima, IB Wadiah, Giro wadiah, dan Deposito. Pelayanan merupakan syarat utama bagi kelangsungan hidup suatu bank, khususnya bank syari‟ah. Strategi yang diciptakan oleh Bank Jateng Syariah adalah pelayanan yang baik serta kenyamanan yang diberikan kepada nasabah dapat menentukan laju pertumbuhan suatu bank. Salah satu yang sangat penting demi kemajuan suatu usaha adalah pembentukan kepercayaan nasabah terhadap bank, memberikan pelayanan dengan sungguhsungguh serta berusaha memuaskan nasabah akan membantu pembentukan kepercayaan. Nasabah tersebut membutuhkan tingkat pelayanan yang lebih komplit dari pada nasabah biasa. Sebuah bank dapat memasarkan produknya dengan memberikan pelayanan yang baik. Dari sistem pelayanan yang diberikan oleh Bank Jateng Syariah diharapkan nasabah akan merasa puas, sehingga loyalitas terhadap bank ini dan selanjutnya nasabah akan menggunakan serta memanfaatkan kembali.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian lapangan (filed research) yaitu penelitin yang dilakukan dilokasi dengan mengadakan suatu fenomena dalam keadaan alamiah. Sedangkan pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di Bank Jateng Syariah Kantor Cabang Pembantu Unissula. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa strategi kualitas pelayanan yang baik kepada nasabah menjadi salah satu cara untuk membentuk kepercayaan nasabah. Strategi pelayanan yang dilakukan oleh Bank Jateng Syariah Kantor Cabang Pembantu Unissula ini telah sesuai demgan standar mutu layanan yang ditetapkan. Sehingga pelayanan tersebut dapat memenuhi keinginan dan harapan nasabah yang memberikan kepuasan nasabah. Kepuasan ini lah yang telah menumbuhkan kepercayaan nasabah terhadap Bank Jateng Syariah Kantor Cabang Unissula.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tabungan; Strategi; Bank Jateng Syariah KCP Unissula
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 16 Nov 2021 02:37
Last Modified: 16 Nov 2021 02:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13333

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics