Implementasi akad mudharahah dan resiko operasional pada produk simpanan pelajar (Sidik) di BMT Walisongo Semarang

Vitaloka, Suci (2020) Implementasi akad mudharahah dan resiko operasional pada produk simpanan pelajar (Sidik) di BMT Walisongo Semarang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705015050_Suci Vitaloka_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1705015050_Suci Vitaloka_lengkap)
1705015050_SUCI VITALOKA_Full TA - Suci Vitaloka.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) adalah lembaga yang melakukan penghimpunan dana dari anggota lalu menyalurkannya kembali kepada masyarakat yang kekurangan dana ataupun modal untuk mereka yang ingin membuka usaha ataupun kebutuhan lain. Salah satu BMT yang menerapkan prinsip ini adalah BMT Walisongo Semarang. Produk yang dimiliki BMT Walisongo salah satunya yaitu produk Simpanan Pendidikan (SiDidik).
Secara umum Simpanan Pendidikan (SiDidik) adalah simpanan yang merupakan dari sekian produk yang dikelola oleh BMT Walisongo Semarang adalah Simpanan Pendidikan (SiDidik). Tujuaanya untuk sarana untuk simpanan pendidikan yang aman, dimana anggota bisa memilih jumlah setoran’yang inginkan dan hanya bisa diambil jangka waktu yang sudah ditentukan oleh BMT Walisongo Semarang. ‘Dalam ’penerapannya ’produk ’simpanan pendidikan tersebut menerapkan akad mudharabah, dimana BMT bertindak sebagai pengelola dana dan nasabah sebagai pihak pengelola dana. Dalam akad atau perjanjian tersebut nantinya akan menghasilkan suatu nisbah keuntungan dan akan dibagi hasilkan sesuai diawal akad atau perjanjian tersebut.
Maka dari itu saya sebagai penulis tertarik untuk membaahas mengenai ‘Implementasi ’Akad ‘Mudharabah dan Risiko Operasional ‘pada ‘Produk‘Simpanan Pendidikan (SiDidik) di”BMT Walisongo Semarang. Penelitian ‘ini ‘adalah penelitian menggunakan ‘metode kualitatif’ yaitu bentuk penelitian yang kebanyakan menggunakan analisis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Simpanan pendidikan; Risiko operasional; Mudharabah; BMT Walisongo Semarang
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 16 Nov 2021 02:39
Last Modified: 16 Nov 2021 02:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13334

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics