Mekanisme penyelesaian pembiayaan bermasalah pada produk pembiayaan murabahah KPR di PT. BTN (Persero) KCS Semarang

Kurniawati, Anif (2020) Mekanisme penyelesaian pembiayaan bermasalah pada produk pembiayaan murabahah KPR di PT. BTN (Persero) KCS Semarang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705015053_Anif Kurniawati _lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1705015053_Anif Kurniawati _lengkap)
1705015053_Anif Kurniawati_Full Skripsi - Anif Kurniawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

PT. Bank Tabungan Negara Persero KCS Semarang adalah lembaga keungan syariah yang salah satu ruang lingkup usaha produk pembiayaan unggulannya adalah KPR (Kredit Pemilikan Rumah). KPR merupakan salah satu jenis pembiayaan yang banyak diminati oleh masyarakat. PT. Bank Tabungan Negara (Persero) KCS Semarang adalah salah satu bank yang memberi perhatian lebih akan Pembiayaan Kredit Kepemilikan Rumah sesuai dengan prinsip syariah. Adanya resiko pembiayaan pada suatu bank tidak dapat dihindari lagi, jika tidak dilakukan penyelesaian pembiayaan dengan mekanisme pembiayaan yang tepat, maka dapat menyebabkan kerugian pada bank.
Berdasarkan uraian latar belakang masalah diatas, maka yang menjadi permasalahan saat ini adalah faktor-faktor yang menyebabkan pembiayaan bermasalah pada produk pembiayaan KPR dan bagaimana mekanisme penyelesaian pembiayaan bermasalah pada produk pembiayaan KPR di PT. BTN (Persero) KCS Semarang. Rumusan masalah tersebut ditujukan untuk meminimalisir atau menekan angka pembiayaan bermasalah pada PT. BTN (Persero) KCS Semarang.
Metode penelitian yang digunakan untuk penelitian ini di PT. BTN (Persero) KCS Semarang yaitu dengan beberapa metode pengumpula data berupa wawancara, observasi yang dilakukan di PT. BTN (Persero) KCS Semarang, Analisis data berupa data kualitatif dengan pendekatan deskriptif, serta sumber data, baik data primer maupun data sekunder. Data primer diperoleh secara langsung dari sumber-sumber dimana kegiatan penelitian berlangsung, dan data sekunder merupakan data yang diperoleh dari buku-buku maupun dokumen-dokumen tertulis lainnya.
Pada umumnya faktor yang menyebabkan pembiayaan bermasalah pada PT. BTN (Persero) KCS Semarang yaitu faktor eksternal dan internal nasabah, tetapi faktor yang mendoninasi pembiayaan bermasalah yaitu dari faktor eksteral nasabah, seperti nasabah yang di PHK dari pekerjaannya. Selanjutnya PT. BTN (Persero) KCS Semarang menerapkan mekanisme penyelesaian pembiayaan bermasalah dengan cara Penataan kembali atau Restructuirng yang meliputi penjadwalan ulang sisa pokok pembiayaan dan penjadwalan ulang sisa tunggakan. Mekanisme yang diterapkan PT. BTN (Persero) KCS Semarang dalam menangani pembiayaan KPR bermasasalah yaitu Penataan Ulang atau (Restructurisasi) meliputi : Monitoring Pembinaan melalui SMS Blast dan Desk Call pada kolektabilitas 1. Pembinaan nasabah melalui SP (Surat Peringatan) 1 2 dan
3. Dan Penataan Ulang atau (Restructurisasi) Pada kolektabilitas 2 metode Restructurusasi meliputi : PUSP yaitu dengan penetapan kembali jangka waktu pembiayaan atau jumlah angsuran perbulan atas sisa pokok pinjaman (Perpanjangan jangka waktu). PUST yaitu dengan penjadwalan ulang sisa tunggakan , penetapan pembayaran atas tunggakan angsuran sehingga angsuran yang ada menjadi dua jenis, yaitu angsuran regular dan angsuran tunggakan (cicilan tunggakan). Penagihan Intensif, Pendekatan Khusus, Somasi, Litigasi Pada Kolektabilitas 3. Penagihan Intensif, Pendekatan Khusus, Litigasi Pada Kolektabilitas 4. Penagihan Intensif, Pendekatan Khusus, Litigasi WO Pada Kolektabilitas 5 , Write off merupakan pelaksanaan oleh pihak bank ketika nasabah sudah masuk dalam kategori kol 5.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan; KPR; Murabahah; BTN (Bank Tabungan Negara)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 16 Nov 2021 02:42
Last Modified: 16 Nov 2021 02:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13335

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics