Penerapan prinsip good corporate governance dalam meningkatkan jumlah anggota di BMT Marhamah Cabang Bansari Temanggung

Faridatunnisak, Nailul Muna (2020) Penerapan prinsip good corporate governance dalam meningkatkan jumlah anggota di BMT Marhamah Cabang Bansari Temanggung. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705015058_Nailul Muna Faridatunnisak_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1705015058_Nailul Muna Faridatunnisak_lengkap)
1705015058_Nailul Muna Faridatunnisak_Full TA - Muna Faridatunnisak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penerapan tata kelola atau yang lebih sering di kenal dengan istiah Good Corporate Governance yang tepat pada lembaga keuangan khususnya BMT dapat meningkatkan nilai/ citra lembaga, sehingga bisa membuat masyarakat antusias dan mempercayai untuk menitipkan hartanya kepada lembaga tersebut. Selain itu untuk dapat bersaing dengan lembaga keuangan lainnya BMT harus memiliki keunggulan kompetitif, pelayanan yang terbaik juga di lakukan oleh BMT Marhamah cabang Bansari Temanggung memiliki beberapa strategi untuk dalam meningkatkan jumlah anggota.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance dalam meningkatkan jumlah anggota di BMT Marhamah Cabang Bansari Temanggung.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan. Objek pada penelitian ini yaitu BMT Marhamah cabang Bansari Temanggung. Untuk mendapatkan hasil penelitian yang tepat, penulis melakukan wawancara langsung dengan pihak-pihak terkait seperti DPS, Manager, Para karyawan serta anggota BMT Marhamah.
Hasil dari penelitian ini yaitu BMT Marhamah telah menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance. Namun, dalam pelaksanaanya masih kurang maksimal, yaitu pada prinsip transparansi dan akuntabilitas. Ternyata pelaksanaan good corporate governance yang tepat berdampak pada peningkatan jumlah anggota di BMT Marhamah cabang Bansari Temanggung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Good corporate governance; BMT; Bansari; Temanggung
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 16 Nov 2021 02:49
Last Modified: 16 Nov 2021 02:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13337

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics