Mekanisme penerapan akad ijarah wal qardh dalam produk pembiayaan porsi haji tamzis pada KSPPS Tamzis Bina Utama Wonosobo KC Kertek

Sidqiani, Afrilila Indah (2020) Mekanisme penerapan akad ijarah wal qardh dalam produk pembiayaan porsi haji tamzis pada KSPPS Tamzis Bina Utama Wonosobo KC Kertek. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705015062_Afrilila Indah Sidqiani_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1705015062_Afrilila Indah Sidqiani_lengkap)
TA-AFRILILA INDAH SIDQIANI-1705015062_Lengkap Tugas Akhir - Afrilila Indah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

KSPPS Tamzis Bina Utama merupakan lembaga keuangan yang berbadan hukum koperasi. Memiliki bermacam produk, salah satunya yaitu produk pembiayaan porsi haji Tamzis dengan proses dan syarat yang mudah, bekerjasama dengan bank CIMB untuk mendapatkan porsi haji di Kementerian Agama. Menggunakan akad ijarah KSPPS Tamzis akan mendampingi calon jamaah haji hingga mendapat porsi haji dan apabila nasabah belum bisa untuk melengkapi biaya yang wajib dikeluarkan, maka KSPPS Tamzis Bina Utama menyediakan pinjaman menggunakan akad qardh. Inilah yang melatarbelakangi penulis untuk meneliti produk pembiayaan porsi haji Tamzis dengan akad ijarah wal qardh.
Fokus masalah dalam penelitian ini yakni bagaimana mekanisme penerapan akad ijarah wal qardh dalam produk pembiayaan porsi haji Tamzis pada KSPPS Tamzis Bina Utama.
Menggunakan penelitian lapangan (field Research), lokasi penelitian di KSPPS Tamzis Bina Utama Wonosobo KC Kertek dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian menggunakan data primer dan data sekunder yang diperoleh dengan menggunakan metode interview (wawancara) dengan pihak terkait dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa:
Akad yang digunakan pada pembiayaan porsi haji Tamzis pada KSPPS Tamzis Bina Utama Wonosobo KC Kertek yang bekerjasama dengan Bank CIMB adalah akad ijarah wal qardh. Akad ijarah yakni akad pemindahan hak guna atas barang/ jasa dalam waktu yang ditentukan melalui pembayaran sewa/upah, tanpa diikuti dengan pemindahan kepemilikan barang tersebut. Sedangkan akad qardh adalah akad perjanjian pinjam meminjam dari seorang atau lembaga yang harus dikembalikan dengan jumlah yang sama dan waktu yang telah disetujui. Adapun manfaat pembiayaan ini untuk memperoleh porsi haji.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Akad; Pembiayaan porsi haji Tamzis; KSPPS Tamzis Bina Utama
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 16 Nov 2021 03:02
Last Modified: 16 Nov 2021 03:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13338

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics