Strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah di KSPPS Marhamah Wonosobo Cabang Sukoharjo

Afidah, Iffah Khiyarotul (2020) Strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah di KSPPS Marhamah Wonosobo Cabang Sukoharjo. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705015067_Iffah Khiyarotul Afidah_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1705015067_Iffah Khiyarotul Afidah_lengkap)
1705015067_Iffah Khiyarotul Afidah_Full Tugas Akhir - Iffah Afida.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Lembaga keuangan di dunia ini, khususnya pada koperasi syariah perkembangannya mengalami persaingan pasar yang sangat ketat dan sangat pesat menjadikan strategi pemasaran harus efektif dan evisien untuk dapat menguasai segmentasi pasar, serta memasarkannya dapat memiliki daya tarik untuk memasarkan produk-produknya agar merik minat kosunsumen dan mampu bersaing dengan bank lainnya atau lembaga keuangan lainnya. Salah satu koperasi syariah yang merupakan bagian dari lembaga keuangan, BMT Marhamah Wonosobo yaitu lembaga keuangan dimana sistem yang digunakan berdasarkan pada syariat-syariat islam dan berlandas pada Al-Qur’an dan Assunah. BMT Marhamah Wonosobo didirikan pada tanggal 16 Oktober 1995, berdiri dengan tujuan untuk membangunan sakinah, keluarga maju secara ekonomi, dengan manajemen secara syariah.
Berkembangnya zaman yang semakin maju dari waktu kewaktu membuat KSPPS Marhamah Wonosobo semakin berkembang pesat, dan sudah terbentuk beberapa kantor cabang di antranya yaitu kantor cabang Jl.A.Yani Wonosobo, Leksono, Sukoharjo, Kali Kajar, Kali Wiro, Wadas Lintang, Watu Malang, Kali Bawang, Selomerto, Kertek, Kepil, dan Garung.
Tujuan penulisan adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan pihak BMT Marhamah untuk meningkatkan jumlah nasbah ketika dilihat dari semua cakupan warga indonesia sendiri lebih berdomonan menggunakan lembaga keuangan yang konvensional, sedangkan penduduk Indonesia sendiri 90% adalah beraga muslim tetapi peminatnya sangat minim untuk melakukan transaksi dilembaga keuangan syariah, salah satunya di KSPPS Marhamah Wonosobo Cabanag Sukoharjo. Dari kendala-kendala yang dialami penulis akan melakukan penelitian perihal strategi pemasaran yang diterapkan seperti apa, untuk menarik minat konsumen.
Rumusan masalah dalam penulisan tugas akhir ini adalah bagaimana strategi dan pemasaran yang dilakukan untuk menarik minat nasabah oleh KSPPS Marhamah Wonosobo agar konsumen dapat bergabung menjadi nasabah dan Bagaimana kendala-kendala yang dialami ketika melakukan pemasaran pada KSPPS Marhamah Wonosbo.
Dalam penelitian ini tehnik yang di gunakan merupakan teknik wawancara dengan menggunakan penelitian kualitatif, dokumentasi, serta penggalian data yang bersumber pada informasi di KSPPS Marhamah Wonosobo Cabang Sukoharjo.
Kesimpulan dari penelitian tersebut yaitu strategi pemasaran yang dilakukan oleh KSPPS Marhamah agar menambah jumlah nasabah, dengan cara strategi menjemput bola, cara lain selain itu dengan lewat mulut kemulut, brousure, kalender, dan lebih mudah lagi dengan menggunakan website. Serta berkerjasama dengan lembaga-lembaga keuangan lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pemasaran; BMT; Nasabah; KSPPS Marhamah;
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 16 Nov 2021 03:43
Last Modified: 16 Nov 2021 03:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13340

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics