Mekanisme pembiayaan mudharabah dengan jaminan BPKB di KSPPS Berkah Mitra Hasanah Semarang

Rachmah, Maulida (2020) Mekanisme pembiayaan mudharabah dengan jaminan BPKB di KSPPS Berkah Mitra Hasanah Semarang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705015069_Maulida Rachmah_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1705015069_Maulida Rachmah_lengkap)
1705015069_MAULIDA RACHMAH_Lengkap Tugas Akhir - Maulida Rachmah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (16MB) | Preview

Abstract

Lembaga keuangan berfungsi sebagai penghubung antara pihak yang mengalami kelebihan dana dan kekurangan dana. Kesulitan yang dialami rakyat kecil maupun UMKM dalam mendapatkan akses perbankan dalam memenuhi kebutuhan dana untuk membangun usaha atau mengembangkan usaha mengakibatkan banyak rakyat yang terjerat rentenir. Hal tersebut diantaranya disebabkan oleh edukasi mengenai literasi keuangan, kecilnya skala usaha dan pendapatan hingga kurang terpenuhinya persyaratan agunan. Oleh karena itu diperlukan pihak lain yang mampu membantu rakyat kecil maupun UMKM dalam memenuhi kebutuhan dana. Melalui akad pembiayaan mudharabah pada BMT atau Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) diharapkan dapat menjadi solusi dalam pemenuhan kebutuhan modal untuk membangun usaha maupun mengembangkan usaha bagi masyarakat yang tidak bisa mengakses ke lembaga perbankan karena usahanya tergolong kecil dan mikro.
Pada penelitian ini penulis ingin mengetahui bagaimana mekanisme pembiayaan mudharabah dengan jaminan BPKB di KSPPS Berkah Mitra Hasanah Semarang. Dalam penelitian Tugas Akhir pendekatan yang digunakan merupakan pendekatan kualitatif. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, yakni pengamatan secara langsung. Metode kedua adalah wawancara yang dilakukan langsung kepada bagian pembiayaan dan marketing yang menangani pembiayaan mudharabah di KSPPS Berkah Mitra Hasanah Semarang. Selain itu metode yang digunakan adalah dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pembiayaan mudharabah yang diterapkan merupakan mudharabah muthlaqah. Anggota yang hendak mengajukan pembiayaan mudharabahdiharuskan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan. Calon anggota dapat datang langsung ke KSPPS Berkah Mitra Hasanah untuk melakukan pengisianaplikasi permohonan pembiayaantersebut dan menyerahkan persyaratan pembiayaan. Selain itu pengajuan pembiayaan mudharabah dengan jaminan BPKB calon anggota diharuskan membawa dokumen yang asli untuk dicek keasliannya guna menghindari kepalsuan dokumen kendaraan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan; Mudharabah; KSPPS Berkah Mitra Hasanah; Semarang;
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 16 Nov 2021 03:49
Last Modified: 16 Nov 2021 03:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13341

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics