Pengaruh return on asset dan return on equity terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan dividen sebagai variabel intervening : studi empiris pada perusahaan yang terdaftar di JII periode 2014-2018

Rasyidi, Muh. Faizin (2020) Pengaruh return on asset dan return on equity terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan dividen sebagai variabel intervening : studi empiris pada perusahaan yang terdaftar di JII periode 2014-2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1605026009_Muh_Faizin_Rasyidi]
Preview
Text (Skripsi_1605026009_Muh_Faizin_Rasyidi)
Skripsi_1605026009_Muh_Faizin_Rasyidi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh return on asset dan return on equity terhadap nilai perusahaan melalui variabel intervening yaitu kebijakan dividen. Populasi dalam penelitian ini adalah 47 perusahaan yang pernah menjadi konstituen Jakarta Islamic Index (JII) selama periode 2014-2018 di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik judgement sampling dan diperoleh sebanyak 14 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan. Data dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis) karena terdapat dua model persamaan (substruktur) dengan bantuan IBM SPSS 26.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa return on asset secara parsial berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dan kebijakan dividen. Return on equity secara parsial berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dan tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen. Kebijakan dividen secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Return on asset, return on equity dan kebijakan dividen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Return on asset dan return on equity secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen. Berdasarkan hasil uji sobel (sobel test) menunjukkan bahwa kebijakan dividen sebagai variabel intevening tidak mampu memediasi pengaruh return on asset dan return equity secara parsial terhadap nilai perusahaan.”

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai perusahaan; Return on asset; Return on equity; Kebijakan dividen; Jakarta Islamic Index (JII)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.6 Investasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 01 Jul 2021 06:26
Last Modified: 01 Jul 2021 06:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13346

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics