Peran pembinaan UMKM terhadap perkembangan UMKM : studi pada Rumah Kreatif BUMN Bank BRI Cabang Semarang

Ramadhani, Putri Shinditya (2020) Peran pembinaan UMKM terhadap perkembangan UMKM : studi pada Rumah Kreatif BUMN Bank BRI Cabang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1605026034_PUTRI_SHINDITYA_RAMADHANI]
Preview
Text (SKRIPSI_1605026034_PUTRI_SHINDITYA_RAMADHANI)
SKRIPSI_1605026034_PUTRI_SHINDITYA_RAMADHANI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

UMKM adalah kegiatan usaha yang didirikan oleh perseorangan atau badan usaha yang memiliki peran penting bagi Negara Indonesia, yaitu memberikan kontribusi terhadap Negara sebesar 61,9% pada tahun 2018. Selain itu, hadirnya UMKM mampu menjawab permasalahan kemiskinan melalui kerja sebesar 96% pada tahun 2018. Perkembangan UMKM yang sangat pesat terjadi di Kota Semarang dengan jumlah lebih dari 14.000 UMKM yang terdaftar. Namun, dengan jumlah UMKM yang ada di Kota Semarang, banyak pula permasalahan yang dialami UMKM Kota Semarang seperti hal nya, kesulitan modal, kurang mengertinya mnajemen bisnis dan penggunaan teknologi, kesulitan pemasaran dan permasalahan lainnya. oleh karena itu, hadirlah Rumah Kreatif BUMN yang didirikan oleh Bank BRI Cabang Semarang.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana program-program pembinaan yang diberikan Rumah Kreatif BUMN Bank BRI Cabang Semarang terhadap perkembangan usaha peserta (pelaku usaha UMKM) Rumah Kreatif BUMN Bank BRI Cabang Semarang? Bagaimana peran pembinaan yang diberikan Rumah Kreatif BUMN Bank BRI Cabang Semarang terhadap perkembangan usaha peserta (pelaku usaha UMKM) Rumah Kreatif BUMN Bank BRI Cabang Semarang? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja program pembinaan yang diberikan oleh Rumah Kreatif BUMN Bank BRI Cabang Semarang dan untuk mengetahui peran dari pembinaan Rumah Kreatif BUMN Bank BRI Cabang Semarang terhadap perkembangan usaha peserta pelaku UMKM Rumah Kreatif BUMN Bank BRI Cabang Semarang.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif studi kasus dengan data yang digunakan peneliti adalah data primer dan data sekunder. Penelitian ini menekankan melalui metode wawancara, observasi, dan pengumpulan dokumen baik dari informan, Rumah Kreatif BUMN Bank BRI Cabang Semarang, maupun Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang.
Dari peran pembinaan Rumah Kreatif BUMN Bank BRI Cabang Semarang usaha peserta memiliki potensi untuk berkembang. Dengan mengikuti pembinaan Rumah Kreatif BUMN Bank BRI Cabang Semarang, usaha peserta atau pelaku UMKM mengalami perkembangan yang signifikan baik dari kemampuan, penambahan asset dalam meningkatkan produktivitas dan pemasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM); Bank dan perbankan
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 01 Jul 2021 06:42
Last Modified: 01 Jul 2021 06:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13348

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics