Pengaruh religiusitas, perilaku altruistik dan literasi terhadap minat berwakaf uang masyarakat muslim Kabupaten Grobogan

Utami, Era Pramukti (2020) Pengaruh religiusitas, perilaku altruistik dan literasi terhadap minat berwakaf uang masyarakat muslim Kabupaten Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1605026041_Era_Pramukti_Utami]
Preview
Text (Skripsi_1605026041_Era_Pramukti_Utami)
Skripsi_1605026041_Era_Pramukti_Utami.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kabupaten Grobogan memiliki 2.968 tanah wakaf seluas 132,30 Ha. Berdasarkan data tersebut dapat diketahui bahwa minat wakaf tanah masyarakat Grobogan cukup tinggi. Data tersebut dapat dimanfaatkan untuk pengembangan wakaf uang yang bersifat lebih mudah dan tidak membutuhkan terlalu banyak dana. Akan tetapi pengembangan, pengelolaan dan pengetahuan mengenai wakaf uang masih sangat rendah dan tidak terpublikasi dengan baik. Hal ini dikarenakan kurangnya data perwakafan yang diterbitkan oleh Pemerintah Daerah Grobogan. Bahkan beberapa lembaga seperti BWI Kabupaten Grobogan tidak memiliki situs sosial resmi dan tidak ada publikasi aset dan dana wakaf uang dari Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Grobogan. Hal ini mengakibatkan rendah dan lambatnya pengetahuan masyarakat mengenai wakaf uang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat muslim Kabupaten Grobogan dan sampel yang digunakan sebanyak 100 masyarakat atau responden dengan menggunakan teknik convenience sampling. Penelitian menggunakan data sekunder yang diperoleh dari sumber buku, jurnal ilmiah, sumber internet dan sumber lain yang mendukung penelitian, sedangkan data primer diperoleh dengan menyebar kuesioner kepada 100 responden. Data primer yang diperoleh diolah menggunakan analisis regresi linear berganda. Uji hipotesis dilakukan dengan melakukan uji t (uji parsial) dan uji F (uji simultan) dengan tingkat signifikansi sebesar 5%. Sedangkan untuk mengetahui kontribusi variabel terikat terhadap variabel bebas diuji menggunakan uji koefisien determinan dengan melihat nilai adjusted R2.
Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa secara parsial variabel perilaku altruistik (X2) berpengaruh signifikan terhadap minat berwakaf uang dengan nilai thitung 3,233 yang lebih besar dari ttabel 1,984 dan nilai signifikansi 0,002 yang lebih kecil dari 0,05. Variabel literasi (X3) berpengaruh signifikan terhadap minat berwakaf uang dengan nilai thitung 7,445 yang lebih besar dari ttabel 1,984 dan nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Adapun variabel religiusitas (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwakaf uang dengan nilai thitung 0,104 yang lebih kecil dari ttabel 1,984 dan nilai signifikansi 0,918 yang lebih besar dari 0,05. Sedangkan secara simultan religiusitas, perilaku altruistik dan literasi berpengaruh signifikan terhadap minat berwakaf uang. Hal ini dapat dilihat pada nilai Fhitung 49,398 yang lebih besar dari Ftabel 2,70 dengan nilai probabilitas signifikansi 0,000 yang kurang dari 0,05. Berdasarkan uji koefisien determinan pengaruh yang diberikan oleh kombinasi variabel religiusitas, perilaku altruistik dan literasi terhadap minat berwakaf uang adalah sebesar 59,5%, sedangkan sisanya 40,5% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Religiusitas; Altruistik; Literasi; Wakaf uang; Masyarakat muslim
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 01 Jul 2021 06:53
Last Modified: 01 Jul 2021 06:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13349

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics