Analisis penerapan ta’zir terhadap pendidikan kedisiplinan santri di pondok pesantren Madrosatul Qur’anil Aziziyyah Bringin, Ngaliyan, Semarang

Khasanah, Uswatun (2020) Analisis penerapan ta’zir terhadap pendidikan kedisiplinan santri di pondok pesantren Madrosatul Qur’anil Aziziyyah Bringin, Ngaliyan, Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016189_USWATUN_KHASANAH]
Preview
Text (SKRIPSI_1603016189_USWATUN_KHASANAH)
1603016189_USWATUN KHASANAH_Full Skripsi - Uchaa_ Official.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang bertujuan untuk mempersiapkan santri untuk menjadi generasi penerus yang alim, berakhlak mulia dan selalu bertaqwa kepada Allah SWT. Salah satu metode pendidikan yang diterapkan di pondok pesantren ialah dengan memberikan ta’zir kepada santri yang melanggar tata tertib pesantren. Pondok pesantren Madrosatul Qur’anil Aziziyyah sampai sekarang masih menerapkan ta’zir karena sangat diperlukan untuk menegakkan kedisiplinan dan aturan di pondok pesantren.
Penelitian ini membahas tentang analisis penerapan ta’zir terhadap pendidikan kedisiplinan santri di pondok pesantren Madrosatul Qur’anil Aziziyyah Bringin, Ngaliyan, Semarang. Jenis dari penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data meliputi metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti bertindak sebagai partisipan dan informan dalam penelitian ini adalah pengasuh, pengurus dan santriwati PPMQA.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) bentuk penerapan ta’zir, adanya bel, adanya absensi, denda, skorsing sebagai pendidikan kedisiplinan bagi santri yang melanggar tata tertib pondok pesantren belum maksimal karena adanya pengulangan dalam melakukan pelanggaran. 2) efek penerapan ta’zir menimbulkan dampak posistif dan negatif bagi santri. 3) faktor pendukung: kedisiplinan santri, keaktifan dan ketegasan pengasuh, kerjasama antara santri dengan pengurus, kesadaran santri akan kesalahan yang telah dilakukan, dan faktor penghambatnya yaitu kurangnya ketegasan dari pengurus, santri sering menunda-nunda dalam melaksanakan ta’ziran, adanya aturan yang sering berubah atau tidak konsistennya aturan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pondok pesantren; ta’zir
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 03 Jul 2021 01:53
Last Modified: 03 Jul 2021 03:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13356

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics