Penerapan sistem kredit semester (SKS) pada mata pelajaran PAI kelas x di SMA Negeri 3 Slawi

Fauziyah, Lutfiyatul (2020) Penerapan sistem kredit semester (SKS) pada mata pelajaran PAI kelas x di SMA Negeri 3 Slawi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016210_LUTFIYATUL_FAUZIYAH]
Preview
Text (SKRIPSI_1603016210_LUTFIYATUL_FAUZIYAH)
1603016210_LUTFIYATUL FAUZIYAH_FULL SKRIPSI (1) - Lutfiyatul Fauziyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Penerapan Sistem Kredit Semester (SKS) Pada Mata Pelajaran PAI Kelas X. Latar belakang Penelitian ini adalah peningkatan kualitas pendidikan melalui inovasi yang dilakukan dengan proogram Sistem Kredit Semester (SKS) pada jenjang SMA. Program SKS di jenjang sekolah menunjuk pda pemberian fasilitas kepada siswa yang memiliki bakat, minat dan kecerdasan di atas rata-rata agar mampu menguasai banyak isi pelajaran dalam rentang waktu yang lebih singkat. Dengan sistem yang mengadopsi perkuliahan di perguruan tinggi ini siswa dapat mempercepat masa sekolah hanya dengan 2 tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Sistem Kredit Semester (SKS) pada mata pelajaran PAI kelas X di SMA Negeri 3 Slawi.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan metode teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan Sistem Kredit Semester (SKS) pada mata pelajaran PAI kelas X di SMA Negeri 3 Slawi dibagi menjadi tiga yaitu kelas cepat, standar dan bawah. Dalam pelaksanaan terdiri dari tiga tahap yaitu tahap pertama persiapan, mengumpulkan Tim Pengembang Kurikulum (TPK) dan guru-guru sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing. Kemudian melakukan sosialisasi kepada seluruh tenaga pendidik, peserta didik, dan orang tua. Tahap kedua proses pembelajaran, menggunakan metode ceramah dan mengacu pada UKBM, BTP, modul, hand out, dan bahan ajar lain yang relevan. Tahap ketiga yaitu evaluasi, pengolahan dan pelaporan hasil belajar dilakukan setelah guru melakukan proses penilaian setiap KD setiap mata pelajaran. Peserta didik dapat melanjutkan suatu KD apabila telah menuntaskan KD sebelumnya. Faktor Pendorong SKS yaitu SMA Negeri 3 Slawi merupakan sekolah unggulan, sarana dan prasarana yang memadai, menghemat biaya dan waktu sekolah sehingga bisa mempercepat masa studinya. Sedangkan, faktor penghambat yaitu SKS merupakan sistem yang baru diterapkan di SMA Negeri 3 Slawi, sehingga dari pihak sekolah masih selalu belajar dari sekolah lain. Peserta didik yang mempunyai kecerdasan dibawah rata-rata agar ekstra diperhatikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sistem kredit semester; PAI.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 03 Jul 2021 02:33
Last Modified: 03 Jul 2021 03:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13363

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics