PAI bervisi multikultural : studi di SD Nasional Tiga Bahasa Tunas Harum Bangsa Semarang

Khairuddin, Sofian Nur (2020) PAI bervisi multikultural : studi di SD Nasional Tiga Bahasa Tunas Harum Bangsa Semarang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TESIS_1500118043_SOFIAN_NUR_KHAIRUDDIN]
Preview
Text (TESIS_1500118043_SOFIAN_NUR_KHAIRUDDIN)
TESIS_1500118043_SOFIAN_NUR_KHAIRUDDIN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pelaksanaan PAI Bervisi Multikultural dan untuk mengetahui apa saja nilai-nilai yang harus ditanamkan dalam PAI yang Bervisi Multikultural, studi ini dilakukan di Sekolah Nasional Tiga Bahasa SD Tunas Harum Bangsa Semarang. Dalam teorinya James A Bank, sekolah merupakan mikro sistem dalam tatanan masyarakat makro, The School As A Social System. Dengan demikian, kesuksesan penerapan nilai-nilai multikultural dalam PAI di sekolah menjadikan peserta didik memiliki kesadaran multikultural. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Datanya diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilaksanakan dengan menggunakan triangulasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Secara keseluruhan pelaksanaan PAI Bervisi Multikultural berjalan dengan baik, selain itu antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran sangat tinggi. Indikasi tingkat pemahaman peserta didik adalah aplikasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam sekolah dan dalam kehidupan sehari-hari. 2) Nilai-nilai yang ditanamkan dalam PAI Bervisi multikultural di SD Nasional Tiga Bahasa Tunas Harum Bangsa Semarang yaitu nilai keimanan, nilai kesetaraan, nilai mutual trust, nilai kebersamaan, nilai perdamaian, nilai toleransi, nilai kemanusiaan dan nilai kesadaran beragama.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan multikultural; Pendidikan Agama Islam (PAI)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86108 - Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Jul 2021 02:59
Last Modified: 03 Jul 2021 02:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13366

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics