Futin, Arulita Handayanis (2021) Pengaruh profitabilitas, likuiditas, dan leverage terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) : studi empiris pada perusahaan yang listed di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2015-2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705046003_ARULITA_HANDAYANIS_FUTIN] Text (SKRIPSI_1705046003_ARULITA_HANDAYANIS_FUTIN)
SKRIPSI_1705046003_ARULITA_HANDAYANIS_FUTIN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pelaporan tanggung jawab sosial berbasis syariah dalam perusahaan merupakan salah satu dari sekian banyak laporan sebagai wujud kepedulian sebuah industri terhadap lingkungannya. Saat ini laporan tanggung jawab sosial syariah bertujuan untuk memaksimalkan kegiatan operasional disamping juga dituntut untuk lebih memperhatikan kebutuhan masyarakat dan stakeholder-nya. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan bukti empiris pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage pada perusahaan yang dikelola dalam Jakarta Islamic Index (JII) dari tahun 2015 sampai 2019. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah profitabilitas, likuiditas, dan leverage sebagai variabel independen, dan pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) sebagai variabel depeden. Sampel ini terdiri dari 12 perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) dan telah mengirimkan laporan keuangannya ke Bursa Efek Indonesia pada periode 2015-2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan uji F untuk mengetahui pengaruh simultan antara profitabilitas, likuiditas dan leverage dan terhadap ISR. Penelitian ini juga menggunakan uji-T untuk menguji korelasi parsial masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen. Menurut hasil analisis T-test, menunjukkan bahwa variabel Profitabilitas tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR), sedangkan variabel Likuiditas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) dan variabel Leverage tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas; Likuiditas; Leverage; Islamic Social Reporting (ISR); Jakarta Islamic Index (JII)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.6 Investasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Afza Fathiya Iswara
Date Deposited: 02 Sep 2021 08:50
Last Modified: 02 Sep 2021 08:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13432

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics