Desain aplikasi akuntansi pada Lazismu Lamongan

Muharromah, Isnaini Hidayatun (2021) Desain aplikasi akuntansi pada Lazismu Lamongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705046017_ISNAINI_HIDAYATUN_MUHARROMAH] Text (SKRIPSI_1705046017_ISNAINI_HIDAYATUN_MUHARROMAH)
SKRIPSI_1705046017_ISNAINI_HIDAYATUN_MUHARROMAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penulisan ini memiliki tujuan dalam mendesain sistem informasi mengenai akuntansi pada zakat yang terdapat di lembaga amil zakat, infaq dan shadaqah muhammadiyah Lamongan. Sebelum desain dirancang secaa baik perlu melakukan analisis sitem pencatatan keuangan yang terdapat pada LAZISMU Lamongan. Penerapan laporan keuangan pada Lembaga Amil Zakat Infak dan Shadaqah Muhammadiyah daerah Lamongan pada periode per 31 Desember 2018 masih menggunakan program excel basic dimana hanya menghasilkan sebuah mutasi yang terdiri dari mutasi kas besar dan kas bank setiap bulannya. Penggunaan sistem aplikasi akuntansi pada Lembaga Amil Zakat yang selama ini diterapkan masih kurang optimal dan belum sesuai Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No.109.
Kegiatan input data dari tahun 2018, 2019, 2020 dalam kurun waktu satu minggu yang diharuskan oleh pusat untuk segera dibuat laporan tahunan yang digunakan dalam proses keperluan audit membuat Amil merasa tidak terkendali. Maka, dalam pelaporan pengelolaan zakat, infaq dan shadaqah dirasa masih kurang optimal dikarenakan amil (pengguna) sistem Lazismu Lamongan belum memahami secara penuh penggunaan dan pengaplikasian program aplikasi tersebut serta keterbatasan tenaga amil yang professional dalam pencatatan dan pelaporan pengelolaan dana zakat.
Hasil analisis dari sistem aplikasi akuntansi yang digunakan oleh LAZISMU Lamongan akan dijadikan pertimbangan untuk melakukan proses perancangan desain sistem aplikasi akuntansi. Adapun metode yang bisa digunakan untuk merancang desain sistem ini adalah metode linier sequential atau metode pengembangan sistem waterfall dimana menyediakan pendekatan alur hidup perangkat lunak secara sekuensial atau urut mulai dari analisis, desain, pengkodean, pengujian dan tahap support. Adapun desain program yang dipakai dalam apliaksi yaitu perpaduan General Ledger Excel dan Visual Basic for Aplication dimana menghasilkan laporan keuangan sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntnasi Keuangan No 109 tentang zakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Akuntansi; General Ledger Excel; Visual Basic for Aplication; PSAK No 109
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 005 Computer programming, programs, data
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Afza Fathiya Iswara
Date Deposited: 06 Sep 2021 02:46
Last Modified: 06 Sep 2021 02:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13437

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics