Pengaruh penerapan wisthleblowing system, good governance, kesadaran wajib pajak, dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak : studi kasus WPOP di KPP Pratama Pati

Fibriyanti, Novita Ayu (2021) Pengaruh penerapan wisthleblowing system, good governance, kesadaran wajib pajak, dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak : studi kasus WPOP di KPP Pratama Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705046018_NOVITA_AYU_FIBRIYANTI] Text (SKRIPSI_1705046018_NOVITA_AYU_FIBRIYANTI)
SKRIPSI_1705046018_NOVITA_AYU_FIBRIYANTI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Tingkat kepatuhan wajib pajak relative masih rendah sehingga Instansi KPP Pratama di harapkan untuk terus meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Salah satu upayanya yaitu dengan adanya Pengawasan terhadap kecurangan yang terjadi di lingkungan DJP serta menumbuhkan kesadaran wajib pajak dengan cara mengadakan kegiatan sosialisasi perpajakan yang lebih di tekankan dengan pengenaan sanksi pajak.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh penerapan Whistleblowing System, Good Governance, kesadaran wajib pajak dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib Pajak. Objek penelitian ini adalah Wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Pati.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif..Dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model regresi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model regresi linier berganda dengan program SPSS. Metode sampel yang digunakan adalah Random Sampling. Jumlah responden yang di jadikan sampel yaitu sebanyak 100 sampel responden wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Pati.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Whistleblowing System dan Variabel Sanksi Pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Sedangkan variabel Good Governance dan variabel Kesadaran wajib pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: WPOP; Kepatuhan; Whistleblowing System; Good Governance; Kesadaran Wajib Pajak; Sanksi Pajak
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Afza Fathiya Iswara
Date Deposited: 06 Sep 2021 02:45
Last Modified: 06 Sep 2021 02:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13438

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics