Pengaruh penerapan standar akuntansi zakat (PSAK 109), shariah compliance, transparansi dan kompetensi sumber daya manusia (amil) terhadap pengelolaan dana zakat : studi kasus lembaga zakat Kabupaten Pemalang

Imamah, Nur (2020) Pengaruh penerapan standar akuntansi zakat (PSAK 109), shariah compliance, transparansi dan kompetensi sumber daya manusia (amil) terhadap pengelolaan dana zakat : studi kasus lembaga zakat Kabupaten Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705046033_Nur_Imamah] Text (Skripsi_1705046033_Nur_Imamah)
Skripsi_1705046033_Nur_Imamah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh penerapan akuntansi zakat (PSAK 109),shariah compliance,transparansi dan kompetensi sumber daya manusia terhadap pengelolaan dana zakat. Objek penelitian ini ialah lembaga pengelola zakat yang terdapat di kabupaten Pemalang. Jenis yang dugunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Data yang digunakan berupa data primer dengan menyebar kuisioner ke lembaga zakat di Kabupaten Pemalang meliputi Baznas,Laz Al-Ikhsan,Laziz MU,Laziz Nu, dan BBI. Kuisioner yang terkumpul dan dapat diolah sebanyak 36 buah dari 41 buah. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan metode analisis linier berganda dengan program SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan akuntansi syariahberpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan dana zakat di Pemalang,shariah compliance berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan dana zakat di Pemalang,transparansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan dana zakat di Pemalang,kompetensi sumber daya manusia (amil) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan dana zakat di Pemalang. Jadi dapat disimpulkan hasil dari penelitian ini ialah lembaga zakat harus dapat meningkatkan dan mempertahankan aspek penerapan akuntansi syariah,shariah compliance,transparansi dan kompetensi sumber daya manusia (amil) agar dapat memperoleh kepercayaan dari masyarakat untuk menyalurkan zakat,infak/shadaqoh melalui lembaga untuk memaksimalkan dalam pengelolaan agar terciptanya sebuah pemerataan dan kesejahteraan bagi masyarakat umum.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Akuntansi zakat; PSAK 109; Shariah compliance; Transparansi; Kompetensi sumber daya manusia; Amil zakat; Pengelolaan dana zakat; Lembaga zakat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Oct 2021 07:30
Last Modified: 16 Oct 2021 07:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13469

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics