Pengaruh likuiditas dan porsi saham publik terhadap pengungkapan laporan keuangan : studi pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) pada tahun 2017-2019

Anillah, Iin Azza (2021) Pengaruh likuiditas dan porsi saham publik terhadap pengungkapan laporan keuangan : studi pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) pada tahun 2017-2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705046063_Iin_Azza_Anillah] Text (Skripsi_1705046063_Iin_Azza_Anillah)
Skripsi_1705046063_Iin_Azza_Anillah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Laporan keuangan merupakan sumber informasi yang berhubungan dengan keadaan perusahaan selama periode tertentu, dalam hal ini perusahaan juga wajib melakukan pelaporan kegiatan yang ada dalam perusahaan. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh ACFE Indonesia Chapter yang menunjukkan tingkat kecurangan terhadap laporan keuangan masih tinggi maka diperlukannya pengungkapan laporan keuangan bagi perusahaan untuk menyakinkan masyarakat bahwa perusahaan tersebut kredibel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Likuiditas dan Porsi Saham Publik terhadap pengungkapan laporan keuangan (studi pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Penelitian ini memiliki populasi dari perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (2017-2019), dengan total 42 perusahaan dan dikarenakan populasinya yang luas maka peneliti mengambil sampel yang sesuai dengan kriteria yang akan diteliti. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan aplikasi SPSS 16.0. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa likuiditas berpengaruh negative tetapi tidak signifikan terhadap pengungkapan laporan keuangan. Sedangkan porsi saham public berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan laporan keuangan.
ABSTRACT
Financial statements are a source of information related to the state of the company during a certain period, in this case, the company is also required to report on the activities that exist within the company. Based on a survey conducted by the ACFE Indonesia Chapter which shows the level of fraud on financial statements is still high, it is necessary to disclose financial statements for companies to convince the public that the company is credible. This study aims to determine the effect of Liquidity and Public Shares on the disclosure of financial statements (studies on companies listed on the Jakarta Islamic Index (JII). This study has a population of companies listed on the Jakarta Islamic Index (2017-2019), with a total of 42 company and due to its large population, the researchers took samples that matched the criteria to be studied. The method in this study uses a quantitative method using the SPSS 16.0 application. The results of this study state that liquidity has a negative but not significant effect on the disclosure of financial statements. While the share of public shares has a positive and significant effect on the disclosure of financial statements.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Likuiditas; Porsi saham publik; Laporan keuangan; Perusahaan; Jakarta Islamic Index (JII)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.6 Investasi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 23 Oct 2021 06:48
Last Modified: 23 Oct 2021 06:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13477

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics