Pengaruh profitabilitas, likuiditas dan solvabilitas terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2015-2018

Husnita, Lia (2021) Pengaruh profitabilitas, likuiditas dan solvabilitas terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2015-2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705046002_Lia_Husnita] Text (Skripsi_1705046002_Lia_Husnita)
Skripsi_1705046002_Lia_Husnita.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Islamic social Reporting (ISR) adalah sebuah ukuran untuk mengukur pelaporan tanggung jawab sosial pada perusahaan syariah yang mencakup berbagai proyek umum,CSR yang dikembangkan oleh Accounting and Auditing Organization of Islamic Financial Institution (AAOIFI) dengan menggunakan 6 tema indeks ISR. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas,likuiditas dan solvabilitas terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2015-2018. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua belas perusahaan perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) dan telah mempublikasikan laporan keuangannya ke Bursa Efek Indonesia pada periode 2015-2018. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan uji-Funtuk mengetahui pengaruh simultan antara profitabilitas,likuiditas dan solvabilitas terhadap pengungkapan ISR. Penelitian ini juga menggunakan uji -T untuk menguji korelasi parsial masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen. Menurut hasil analisis T-test hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tiga variabel independen yang digunakan dalam penelitian ,hanya satu variabel yang menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan ISR,yaitu variabel Solvabilitas. Sementara itu,berdasarkan hasil pengujian variabel profitabilitas menunjukkan pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pengungkapan ISR,dan juga variabel likuiditas menunjukkan pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pengungkapan ISR.

ABSTRACT:
Islamic Social Reporting (ISR) is a measure to measuring social responsibility reporting in Islamic companies which includes various public CSR projects developed by the Accounting and Auditing Organization of Islamic Financial Institutions (AAOIFI) using 6 ISR index themes. This study aims to determine the effect of profitability, liquidity and solvency on the disclosure of Islamic Social Reporting (ISR) in companies listed on the Jakarta Islamic Index (JII) 2015-2018. The sample in this study consists of twelve companies listed on the Jakarta Islamic Index (JII). and has sent its financial reports to the Indonesia Stock Exchange in the 2015-2018 period. The data used in this study are secondary data and the sampling technique used is the purposive sampling method. The data analysis used is multiple linear regression analysis. This study uses the F test to determine the simultaneous effect of profitability, liquidity and solvency on ISR disclosure. This study also uses the T-test to test the partial correlation of each independent variable to the dependent variable. According to the results of the T-test analysis. The results showed that of the three independent variables used in the study, only one variable showed a positive and significant effect on the ISR index, namely the Solvency variable. Meanwhile, based on the test results, the profitability variable shows a positive and insignificant effect on the ISR index, while the liquidity variable shows a negative and insignificant effect on the ISR index.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas; Likuiditas; Solvabilitas; Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR); Perusahaan; Jakarta Islamic Index (JII)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 27 Oct 2021 07:25
Last Modified: 27 Oct 2021 07:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13499

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics