Analisis pengalokasian dana desa menurut perspektif ekonomi Islam : studi kasus Desa Pancur Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara

Fitriana, Fitriana (2020) Analisis pengalokasian dana desa menurut perspektif ekonomi Islam : studi kasus Desa Pancur Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1405026038_Fitriana] Text (Skripsi_1405026038_Fitriana)
Skripsi_1405026038_Fitriana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 menjelaskan bahwa kesatuan masyarkat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintah, kepentingan masyarkat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang di akui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal itu dimaksudkan untuk meningkatkan status desa sebagai bagian dari pemerintahan masyarakat yang otonom dan terstuktur dan berdikari dalam meningkatkan infrastuktur dan pemberdayaan masyarakat desa. hal itu juga diperkuat dengan Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 yang menjelaskan tentang sumber pembiayaan pembiayaan bagi desa sebagai bentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat baik itu bersumber dari pendapatan asli desa (PAD), kewajiban pemerintah dari pusat sampai ke kabupaten/kota untuk memberikan transfer dana ke desa berupa hibah atau donasi.
Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana pengalokasian Dana Desa di Desa Pancur Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara Tahun 2019. 2) Bagaimana Alokasi dana desa menurut ekonomi islam. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mendriskipsikan dan menjelaskan mengenai pengalokasian dana desa menurut perspektif islam desa di desa Pancur Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara, dan untuk mengetahui ketimpangan pembangunan di Desa Pancur Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara.
Penelitian ini merupakan Penelitian kualitaif dengan mengunakan analisis deskriptif. analisis Deskriptif yaitu data-data yang diperoleh dituangkan dalam bentuk kata-kata maupun gambar, kemudian dideskripsikan sehingga dapat memberikan kejelasan. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Desa Pancur secara garis besar sudah sesuai dengan Permendagri No. 113 tahun 2014., dari tahap perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban Meskipun ada keterlambatan waktu dalam pelaporannya. Desa pancur juga sudah menggunakan prinsip ekonomi islam dalam pengalokasian dana desa, hal itu bisa dilihat dari pembangunan dan juga penerapan prinsip ekonomi islam dalam pelaporan dan perencanaan pembuatan program. Adapun ketimpangan pembangunanya tidak ada, karena proses pembangunan masih berjalan sampai saat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dana desa; Ekonomi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 28 Oct 2021 00:31
Last Modified: 28 Oct 2021 00:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13501

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics