Perilaku pengusaha kerajinan rotan dalam menjalankan usaha ditinjau dari etika bisnis Islam : studi kasus pada sentra industri kerajinan rotan Desa Trangsan Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo

Tiraharjo, Yanuar Wahyu (2020) Perilaku pengusaha kerajinan rotan dalam menjalankan usaha ditinjau dari etika bisnis Islam : studi kasus pada sentra industri kerajinan rotan Desa Trangsan Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1405026086_Yanuar_Wahyu_Tiraharjo] Text (Skripsi_1405026086_Yanuar_Wahyu_Tiraharjo)
Skripsi_1405026086_Yanuar_Wahyu_Tiraharjo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang perilaku pengusaha muslim dalam menjalankan usaha pada sentra kerajinan rotan Desa Trangsan Kabupaten Sukoharjo. Penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini untuk mencari tahu bagaimana perilaku pengusaha kerajinan rotan Trangsan dalam mengembangkan usahanya. Sentra kerajinan rotan Trangsan dipilih karena merupakan salah satu sentra kerajinan rotan terbesar dimana mayoritasnya pelaku usaha disana adalah pengusaha muslim. Penilaian yang digunakan untuk menentukannya adalah dalam mempraktikan dan memahami etika bisnis Islam.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dan menggunakan metode penelitian kualitatif yang digunakan untuk meneliti objek sesua dengan kondisi alamiahnya. Peneliti akan menggambarkan mengenai kondisi, meneliti keadaan objek, mengumpulkan laporan-laporan dari narasumber, dan melakukan studi pada situasi yang alami. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara (interview), observasi, dokumentasi dan juga data sekunder.
Hasil dari analisis peneliti mengenai penelitian ini mengungkapkan bahwa, pertama masih banyak diantara pengusaha muslim disentra kerajinan rotan desa Trangsan yang kurang memahami apa sajakah etika menjalankan bisnis dalam islam. Namun dalam dalam prakteknya mereka telah mengamalkan aturan-aturan yang terkandung didalamnya. Kedua perilaku dari para pengusaha disana telah sesuai dengan etika bisnis islam antara lain dalam menjalankan kewajiban shalat 5 waktu, berdoa dan bersedekah, adil dalam memperlakukan pegawai, menepati janji, dan lain- lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perilaku; Pengusaha; Kerajinan rotan; Etika bisnis Islam
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 174 Occupational ethics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 28 Oct 2021 00:39
Last Modified: 28 Oct 2021 00:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13502

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics