Peran program kemitraan bina lingkungan (PKBL) terhadap perkembangan UKM Mitra Binaan : studi kasus PKBL PT Kawasan Industri Wijayakusuma

Luthfiana, Amalia (2021) Peran program kemitraan bina lingkungan (PKBL) terhadap perkembangan UKM Mitra Binaan : studi kasus PKBL PT Kawasan Industri Wijayakusuma. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1405026089_AMALIA_LUTHFIANA] Text (Skripsi_1405026089_AMALIA_LUTHFIANA)
Skripsi_1405026089_AMALIA_LUTHFIANA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Usaha kecil menengah atau biasa disebut UKM di Indonesia merupakan hal yang penting dalam sistem perekonomian nasional. Hal ini disebabkan karena usaha mikro kecil menengah berperan untuk mempercepat pemerataan pertumbuhan ekonomi melalui penyediaan lapangan usaha dan lapangan pekerjaan yang diharapkan dapat mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia. Dengan demikian pemerintah melalui BUMN menanangkan program Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) untuk dapat membantu para UKM di Indonesia serta menggurangi pengangguran di Indonesia. Peran PKBL PT KIW tentunya sangant diperlukan untuk kemajuan UMKM di Indonesia serta turut serta dalam kemajuan ekonomi di Indonesia.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui mekanisme program PKBL PT KIW. Untuk mengetahui fungsi program PKBL PT KIW. Untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dialami mitra binaan PT KIW dalam mengembangkan usahanya. Untuk mengetahui bagaimana solusi dalam menyelesaikan hambatan-hambatan dalam mengembangkan usaha.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan yaitu : Peran PKBL PT KIW dalam permodalan UKM ini sangat membantu bagi para mitra. Peran PKBL PT KIW dalam membantu mitra binaan dalam mengembangkan usaha mitra binaan yaitu dengan memberikan sarana promosi bagi mitra binaan. PKBL PT KIW telah memberikan peluang bagi para mitra untuk mengikuti pameran-pameran produk dalam kota maupun provinsi. Serta beberapa kendala yang dialami oleh mitra binaan dapat dikendalikan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Usaha Kecil dan Menengah (UKM); Program kemitraan bina lingkungan; Modal usaha
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 28 Oct 2021 00:48
Last Modified: 28 Oct 2021 07:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13503

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics