Dampak sosial ekonomi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batang di Desa Ujungnegoro Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang

Arfiyanto, Arfiyanto (2020) Dampak sosial ekonomi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batang di Desa Ujungnegoro Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1405026103_ARFIYANTO] Text (SKRIPSI_1405026103_ARFIYANTO)
SKRIPSI_1405026103_ARFIYANTO.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang dampak sosial ekonomi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batang di Desa Ujungnegoro kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yaitu menganalisis sumber sumber data yang sudah terkumpul mengenai dampak pembangunan Pembangkit Listri Tenaga Uap (PLTU) pada kehidupan ekonomi masyarakat sekitar. penelitian ini dilakuan kepada masyarakat disekitar area pembanguanan Pemabangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).
Hasil penelitian menunjukan bahwa pembangunan PLTU Batang berdampak pada kehidupan sosial, ekonomi dan lingkungan. Dari dampak ekonomi yaitu pendapatan nelayan yang menurun akibat sudah tercemarnya pesisir pantai di area sekitar pembanguanan PLTU. Selain itu terdapat keuntungan bagi pedagang yang berjualan di area sekitar pembangunan PLTU Batanag. Pembangunan PLTU Batang juga memberikan keuntungan bagi masyarakat yang membuka usaha rumah sewa untuk karyawan PLTU Batang yang berasal dari luar kabupaten Batang dan juga jasa laundry dan penyedia ketering untuk pekerja PLTU. pembangunan PLTU Batang sudah memberikan lapangan peerjaan bagi masyarakat lokal walaupun belum terserap secara maksimal tenaga kerja di Desa Ujungnegoro.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dampak sosial ekonomi; Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 28 Oct 2021 07:08
Last Modified: 28 Oct 2021 07:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13505

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics