Analisis strategi pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kolang Kaling di Kokolaka (Kampung Olahan Kolang Kaling) Kelurahan Jatirejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang

Zuhri, Ahmad Abdul Wahab (2021) Analisis strategi pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kolang Kaling di Kokolaka (Kampung Olahan Kolang Kaling) Kelurahan Jatirejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1405026139_Ahmad_Abdul_Wahab_Zuhri] Text (Skripsi_1405026139_Ahmad_Abdul_Wahab_Zuhri)
Skripsi_1405026139_Ahmad_Abdul_Wahab_Zuhri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Setiap perusahaan memiliki strategi untuk bertahan di pasar dalam waktu yang panjang. Oleh karenanya, pemasaran merupakan salah satu strategi yang digunakan oleh perusahaan agar bisa bersaing dengan kompetitor. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan menganalisa strategi pemasaran yang digunakan oleh UMKM di kampung Kokolaka. Bagaimana UMKM mengembangkan usahanya dan bagaimana strategi pemasaran yang digunakan, adalah pertanyaan yang akan dijawab dalam penelitian ini. Untuk mendapatkan jawaban dari masalah tersebut, penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif, dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi sebagai teknik pengumpulan data yang digunakan. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah tiga UMKM di kampung Kokolaka dari tigapuluh UMKM yang ada di sana.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan, UMKM di desa Kokolaka menggunakan strategi pemasaran bauran: produk, harga, tempat, dan promosi. UMKM di desa Kokolaka mengembangkan produk dengan menciptakan inovasi produk olahan serta menggunakan kemasan yang menarik dan praktis, harga yang kompetitif, dan produksi menyesuaikan pesanan konsumen. Kemudian dalam distribusinya ada dua, yaitu distribusi langsung dan tidak langsung. Sedangkan promosi produk selain menjual di pasar dan mengandalkan reseller, UMKM menggunakan platform digital seperti membuat grub WhatsApp untuk melayani COD (cash on delivery) dan pemesanan, selain itu juga mengikuti bazar/pameran yang diadakan organisasi atau pemerintah.

ABSTRACT:
Every company has a strategy to survive in the market for a long time. Therefore, marketing is one of the strategies used by companies in order to compete with competitors. Thus, this study aims to analyze the marketing strategies used by MSMEs in Kokolaka village. How MSMEs develop their businesses and how the marketing strategies are used are the questions that will be answered in this study. To get answers to these problems, this study uses a qualitative approach, with interviews, documentation, and observation as the data collection techniques used. The primary data sources in this study were three MSMEs in Kokolaka village out of thirty MSMEs there.
The results of this study indicate that MSMEs in Kokolaka village use a mixed marketing strategy: product, price, place, and promotion. MSMEs in Kokolaka village develop products by creating processed product innovations and using attractive and practical packaging, competitive prices, and production according to consumer orders. Then in the distribution there are two, namely direct and indirect distribution. While product promotion, apart from selling in the market and relying on resellers, MSMEs use digital platforms such as creating WhatsApp groups to serve COD (cash on delivery) and orders, as well as taking part in bazaars/exhibitions held by organizations or the government.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pengembangan; Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 28 Oct 2021 07:17
Last Modified: 28 Oct 2021 07:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13506

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics