Analisis strategi pemasaran pasar Desa Tampingan dalam meningkatkan kepuasan konsumen

Husain, Muhammad Fahmi (2021) Analisis strategi pemasaran pasar Desa Tampingan dalam meningkatkan kepuasan konsumen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1405026167_Muhammad_Fahmi_Husain] Text (Skripsi_1405026167_Muhammad_Fahmi_Husain)
Skripsi_1405026167_Muhammad_Fahmi_Husain.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kunjungan masyarakat ke pasar Desa Tampingan, dan ketidakpuasan pedagang atas kondisi pasar Desa Tampingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengelolaan dan pemasaran pasar, untuk meningkatkan kunjungan masyarakat serta meningkatkan kepuasan pedagang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data yang diperoleh berasal dari data primer atau data yang diambil dari lapangan, diantaranya yaitu wawancara terhadap pengurus pasar desa, pengunjung pasar desa, dan pedagang pasar desa. Selain data primer, penulis juga menggunakan data sekunder atau data yang diperoleh secara tidak langsung, diambil dari buku referensi-referensi. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan metode observasi,wawancara, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa masih banyak kekurangan yang ada pada Pasar Desa Tampingan, upaya-upaya yang dilakukan pemerintah desa dan pedagang pasar belum menunjukkan hasil yang maksimal. Strategi-strategi pemasaran yang dilakukan di Pasar Desa Tampingan belum ada yang efektif, para pedagang pasar masih merasa belum puas. Menurut padangan Ekonomi Islam, perlu adanya strategi yang saling menguntungkan, baik pedagang, pembeli dan pengurus pasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Pasar desa; Kepuasan konsumen
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 28 Oct 2021 08:51
Last Modified: 28 Oct 2021 08:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13508

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics