Analisis SWOT dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada PT. Cahaya Haramain Tour Umroh dan Haji Khusus

Sholikhah, Bakiyatus (2019) Analisis SWOT dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada PT. Cahaya Haramain Tour Umroh dan Haji Khusus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1405026205_Bakiyatus_sholikhah] Text (Skripsi_1405026205_Bakiyatus_sholikhah)
Skripsi_1405026205_Bakiyatus_sholikhah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Setiap pelaksanaan haji dan umroh haruslah dilaksanakan secara maksimal dan perfeksional untuk menghindari dari permasalahan yang dihadapi. Jika tanpa manajemen yang baik, maka pelayanan yang akan memuaskan. Kompleksitas dalam permasalahan penyelenggaraan haji dan umroh dari tahun ke tahun menuntut lahirnya sistem manajemen yang mampu mengakses sistem fungsi-fungsi manajerial, perencanaan, pengorganisasian, serta adanya pengawasan guna mencapai penyelengaraan haji dan umroh yang nyaman, aman, tertib, teratur dan ekonomis.
Penyelenggaraan haji dan umroh yang efektif akan mempengaruhi kualitas pemberian pelayanan dan perlindungan pada jamaah. Pemberian pelayanan atau jasa yang baik pada jamaah akan memberikan kepuasaan pada jamaah yang pada hakikatnya akan menciptakan loyalitas jamaah pada lembaga ynag bersangkutan. Bila pelayanan atau jasa yang diterima sesuai yang diharapkan maka kualitas pelayanan atau jasa yang dipersiapkan baik dan memuaskan, sebaliknya jika pelayanan jasa yang diterima lebih rendah dari yang diharapkan maka, maka kualitas pelayanan dipersepsikan buruk.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana analisis SWOT dalam meningkatkan kualitas pelayanan oleh PT. Cahaya Haramain Tour Umroh dan Haji Khusus serta bagaimana hasil analisis SWOT yang dilakukan oleh PT. Cahaya Haramain Tour Umroh dan Haji Khusus.
Penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif guna mengumpulkan data dan informasi untuk satukan dan jadikan sebuah karya ilmiah. Data dan informasi yang diperoleh bersifat primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara langsung beberapa staff di dalamnya, dan melalui observasi di lapangan. Sedangkan data informasi sekunder diperoleh melalui dokumentasi dan kepustakaan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data dari manfaat penelitian teknik wawancara dan observasi menunjukkan bahwa strategi peningkatkan kualitas pelayanan yang telah dilakukan oleh PT. Cahaya Haramain, menemukan kekuatan dan peluang sangat dominan dalam strategi peningkatan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Hal ini menandakan bahwa sebuah organisasi yang kuat dan berpeluang, dengan pelayanan yang diterpakan oleh PT. Cahaya Haramian memiliki kompetensi dan professional, seperti: memiliki wawasan mengenai produk, memberikan pelayanan sesuai permintaan, melayani secara cepat, tepat dan melakukan pencatatan secara benar, serta membuka layanan informasi di berbagai daerah. Hal ini dapat disimpulkan rekomendasi strategi yang diberikan adalah progresif, artinya organisasi dalam kondisi prima dan mantap sehingga sangat dimungkinkan untuk terus melakukan ekpansi memperbesar dan merain kemajuan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT; Kualitas pelayanan; Biro travel; Haji dan umrah
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 30 Oct 2021 02:29
Last Modified: 30 Oct 2021 02:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13511

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics