Analisis pengembangan wisata syariah dan dampaknya terhadap kesejahteraan masyarakat pelaku usaha di sekitar desa wisata : studi kasus pada Masjid Kapal Safinatunnaja

Kurniawan, Nanang (2021) Analisis pengembangan wisata syariah dan dampaknya terhadap kesejahteraan masyarakat pelaku usaha di sekitar desa wisata : studi kasus pada Masjid Kapal Safinatunnaja. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1405026210_Nanang_Kurniawan] Text (Skripsi_1405026210_Nanang_Kurniawan)
Skripsi_1405026210_Nanang_Kurniawan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penulisan Laporan Tugas Akhir ini mengkaji tentang perumusan masalah sejarah dan latar belakang yang dijadikannya Masjid Kapal Safinatunnaja Semarang sebagai salah satu obyek wisata religi yang berada di kota Semarang serta bagaimana pengembangan wisata syariah Masjid Kapal Safinatunnaja Semarang dan bagaimana dampak kesejahteraan masyarakat pelaku usaha sekitar dengan adanya wisata syariah Masjid Kapal Safinatunnaja Semarang. Oleh sebab itu dari permasalahan tersebut metode yang dapat digunakan adalah metode deskriptif kualitatif untuk mendapatkan berbagai informasi – informasi yang berhubungan adanya dengan latar belakang dan sejarah yang dijadikannya Masjid Kapal Safinatunnaja Semarang sebagai obyek wisata religi di Kota Semarang serta daya tarik apa dan potensi apa yang dimiliki oleh Masjid Kapal Safinatunnaja Semarang. Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan cara wawancara dengan beberapa informan sekitar Masjid Kapal Safinatunnaja Semarang, observasi lapangan ke obyek wisata Masjid Kapal Safinatunnaja Semarang dan mencari arsipan berupa laporan tertulis ataupun dokumen-dokumen yang mengenai obyek wisata Masjid Kapal Safinatunnaja Semarang. Hasil dari penelitian dapat menunjukkan bahwa dengan adanya Masjid Kapal Safinatunnaja Semarang memiliki dampak kesejahteraan tersendiri yang bisa mensejahterakan masyarakat sekitar. Meskipun demikian ada beberapa hal tertentu yang masih ditemukannya kekurangan di dalam penyediaan fasilitas telekomunikasi yang belum ada di dalam lingkungan obyek wisata dan fasilitas transportasi umum yang masih jarang. Dan kesimpulan yang dapat diambil bahwa obyek, potensi, dan daya tarik wisata religi Masjid Kapal Safinatunnaja Semarang memiliki daya tarik yang cukup tinggi sehingga dapat menarik daya minat wisatawan domestik dan mancanegara.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Wisata syariah; Kesejahteraan masyarakat; Pelaku usaha; Desa wisata
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
900 Geography and history > 910 Geography and travel
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 30 Oct 2021 02:38
Last Modified: 30 Oct 2021 02:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13512

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics