Pengaruh product knowledge dan persepsi tentang perbankan syariah terhadap minat menabung mahasiswa FEBI 2016

Rohmah, Naeli Muftikhatur (2021) Pengaruh product knowledge dan persepsi tentang perbankan syariah terhadap minat menabung mahasiswa FEBI 2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1405026214_Naeli_Muftikhatur_Rohmah] Text (Skripsi_1405026214_Naeli_Muftikhatur_Rohmah)
Skripsi_1405026214_Naeli_Muftikhatur_Rohmah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Sistem perbankan Indonesia memiliki dual sistem banking yaitu bank Syariah dan bank Konvensionel. UIN Walisongo menjadi salah satu lembaga pendidikan dengan fakultas Ekonomi syariah yang di dalamnya terdapat prodi perbankan. Pengetahuan dan Presepsi atas sebuah sistematika perbankan menjadi penentu atas sebuah minat suatu produk yang tak lain juga produk perbankan. Dalam hal ini pengetahuan seseorang terhadap suatu objek atau produk mempunyai tingkat yang berbeda-beda hal ini tak lain juga sama halnya dengan sebuah presepsi yang intensitasnya lebih memberikan efek tersendiri atas sebuah pengembilan keputusan minat. Pembahasan dari sebuah minat penggunaan produk perbankan menjadi salah satu objek penelitian yang ingin dikaji dalam penelitian ini dengan perumusan masalah bagaimana pengaruh atas pengetehuan serta presepsi mahasiswa terhadap minat menabung di Bank Syariah.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang berasal dari kuesioner yang diberikan kepada Mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang angkatan 2016 sebanyak 85 responden,Metode dalam analisis yang digunakan peneliti adalah menggunakan uji instrumen pertanyaan dengan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda serta uji hipotesis dengan menggunakan uji t dan koefisien determinasi (R2), dangan olah data menggunakan SPSS 23.0 for windows.
Dari hasil penelitian dengan olah data penelitian diper oleh persamaan regresi linier berganda Y = 10,667 + 0,293 + 0,591 Dengan hasil penelitian pada koefisien regresi secara parsial (uji t) pada kedua variabel adalah untuk variabel Pengeta huan menunjukkan bahwa nilai thitung < ttabel (1,749< 1,989), dan nilai signifikansi ( 0,84> 0,05) sehingga menghasilkan simpulan bahwa hipotesis Ha ditolak dan Ho diterima dengan hasil pernyataan Pada Variabel Pengetahuan tidak berpengaruh signifikan Terhadap Minat dan hasil uji parsial dari pengaruh variabel Presepsi terhadap Minat memiliki hasil Uji nilai signify kansi ( 0,001 < 0,05 ) dan nilai thitung > ttabel ( 3,748 > 1,989 ) dengan begitu hasil uji parsial variabel menyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak dengan kesimpulan bahwa variable presepsi berpengaruh signifikan terhadap minat keputusan untuk menggunakan produk bank syariah. Sedangkan dalam koefisien determinasi (R2) diketahui nilai koefisien determinasi sebesar 0,292 hal ini berarti bahwa variasi Minat (Y) dipengaruhi oleh perubahan variabel Pengetahuan dan presepsi (X) yaitu sebesar 29,2 % dan sedangkan sisanya ditentukan atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam analisa atau penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Product knowledge; Persepsi; Perbankan syariah; Minat menabung; Mahasiswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 30 Oct 2021 02:51
Last Modified: 30 Oct 2021 02:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13513

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics