Pengaruh hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap akhlak siswa kelas VII Mts Roudlotut Tholibin Ngetuk Tanggungharjo Grobogan tahun pelajaran 2019/2020

A’yuni, Qurrota (2020) Pengaruh hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap akhlak siswa kelas VII Mts Roudlotut Tholibin Ngetuk Tanggungharjo Grobogan tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1403016146_Qurrota A’yuni_LENGKAP] Text (SKRIPSI_1403016146_Qurrota A’yuni_LENGKAP)
1403016146_Qurrota A_yuni_Cover - Ayuni Ashfia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar Akidah Akhlak terhadap Akhlak siswa.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif lapangan yang dilaksanakan di MTs Roudlotut Tholibin di Dukuh Ngetuk Desa Tanggungharjo Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan.Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII A sebanyak 31 siswa dan kelas VII B sebanyak 34 siswa.Dengan demikian jumlah seluruh responden adalah sebanyak 65 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara yaitu metode observasi dan metode angket. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis korelasi product moment dan analisis regresi satu prediktor.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap Akhlak Siswa Kelas VII MTs Roudlotut Tholibin Ngetuk Tanggungharjo Grobogan Tahun Pelajaran 2019/2020 yang diperoleh dari hasil belajar siswa semester ganjil termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 77,16 berada pada kelas interval 74-79. Dan simpangan baku 5,44 dengan ketentuan interval 85 ke atas sangat baik, 80-84 baik, 74-79 sedang, 69-73 kurang, dan 69 ke bawah sangat kurang. (2). Akhlak siswa Kelas VII MTs Roudlotut Tholibin Ngetuk Tanggungharjo Grobogan Tahun Pelajaran 2019/2020 berdasarkan angket yang diisi oleh siswa termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 75,35 terletak pada kelas interval 69-80 dengan simpangan baku 12,12. Sedangkan ketentuan interval yang digunakan jika nilai 93 keatas masuk kriteria sangat baik, 81-92 baik, 69-80 sedang, 57-68 kurang, 57 ke bawah sangat kurang. (3). Berdasarkan analisis uji hipotesis yang menggunakan analisis regresi, dengan hasil Freg 0,00023 kemudian nilai Fregdikonsultasikan dengan Ftabel dengan taraf signifikan 5% yaitu sebesar (3,99: 0,05). Yang artinya Fhitung lebih kecil dari Ftabel artinya dalam hal tersebut tidak signifikan.Jadi, hasil belajar Akidah Akhlak tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap akhlak siswa.Hal ini secara otomatis menyebabkan hipotesa yang diajukan peneliti ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Akidah Akhlak; Akhlak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 30 Oct 2021 05:33
Last Modified: 30 Oct 2021 06:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13520

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics