Penerapan Metode Qiro'ati pada pembelajaran Tahsin Al-Qur'an di SDIT Insan Mulia Semarang pada masa pandemi Covid-19

Ikhsan, Herland Al (2021) Penerapan Metode Qiro'ati pada pembelajaran Tahsin Al-Qur'an di SDIT Insan Mulia Semarang pada masa pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1403016160_Herland Al Ikhsan_lengkap] Text (Skripsi_1403016160_Herland Al Ikhsan_lengkap)
1403016160_Herland Al Ikhsan_Lengkap Tugas Akhir - Herland Al Ikhsan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan metode qiro’ati pada pembelajaran tahsin al-Qur’an di SDIT Insan Mulia Semarang pada masa pandemi COVID-19. Studi ini ditujukan untuk menjawab pertanyaan, Bagaimana penerapan Metode Qiro’ati pada pembelajaran tahsin al-Qur’an di SDIT Insan Mulia Semarang pada masa pandemi COVID-19? dan Apa saja hambatan dan usaha pemecahannya dalam penerapan Metode Qiro’ati pada pembelajaran tahsin al-Qur’an di SDIT Insan Mulia Semarang pada masa pandemi COVID-19?.
Penelitian ini tergolong dalam field research(penelitian lapangan), penelitian lapangan adalah penelitian yang menggunakan kehidupan nyata sebagai objek kajian yang hasilnya mencerminkan keadaan yang nyata. Pendekatan yang dipakai dalam penilitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, waka kesiswaan dan guru. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan metode Qiro’ati pada pembelajaran tahsin al-Qur’an di masa pandemi COVID-19 dlakukan dengan dua sistem, sistem pembelajaran jarak jauh berbasis video call dan tatap muka terbatas dengan memperhatikan protokol kesehatan. Tentu dalam penerapannya terdapat hambatan yang berupa teknis dan masalah kesehatan sehingga hasil pembelajaran kurang maksimal. Usaha pemecahannya dilakukan sistem pembelajaran tatap muka terbatas dengan protokol kesehatan. Di samping itu pembelajaran tahsin al-Qur’an memang wajib dilakukan secara musyafahah, dimana guru dan murid saling bertemu; guru dan murid dapat saling mendengar bacaan secara langsung; guru dan murid dapat saling melihat bentuk bibir ketika membaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Qiro’ati; tahsin al-Qur’an; pandemi COVID-19
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 30 Oct 2021 06:17
Last Modified: 30 Oct 2021 06:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13522

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics