Analisis efektivitas pelaksanaan program pemberdayaan petani melalui teknologi dan informasi pertanian untuk meningkatkan kesejahteraan petani : studi kasus petani singkong Desa Ngemplak Kidul Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati

Ni'mah, Sifa Izzatin (2021) Analisis efektivitas pelaksanaan program pemberdayaan petani melalui teknologi dan informasi pertanian untuk meningkatkan kesejahteraan petani : studi kasus petani singkong Desa Ngemplak Kidul Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705026014_SIFA_IZZATIN_NIMAH] Text (SKRIPSI_1705026014_SIFA_IZZATIN_NIMAH)
SKRIPSI_1705026014_SIFA_IZZATIN_NIMAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Salah satu sektor unggulan diindonesia adlah pertanian. Hal ini dikeranakan mata pencaharian penduduk indonesia sebagian besar adalah sebagai petani.Salah satunya adalah bertani singkong. Kabupaten Pati mempunyai peran yang penting dalam kegiatan ekonomi masyarakat. Pertanian singkong merupakan salah satu sektor unggulan masyarakat dikabupaten Pati khususnya Desa Ngemplak Kidul yang menjadi salah satu sentra produksi singkong. Dalam pertanian singkong diharapkan mampu meningkatkan perekonomian serta kehidupan yang lebih sejahtera. Upaya yang dilakukan adalah melalui pemberdayaan petani yang harus dilakukan agar dapat menambah pengetahuan dan informasi pertanian sehingga mereka bisa kreatif, inovatif dan mandiri.
Rumusan masalahdari penelitian ini adalah,bagaimana efektivitas program pemberdayaan petani melalui teknologi dan informasi petani di Desa Ngamplak Kidul, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati. Bagaimana kondisi kesejahteraan petani singkong di Desa Ngamplak Kidul, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati. Dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kesejahteraan masyarakat di Desa Ngamplak Kidul, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati melalui perspektif ekonomi islam. Tujuan dilakukanya penelitian ini untuk dapat melihat efektivitas pemberdayaan petani melalui tekhnologi dan informasi yang telah diberikan oleh kelompok kusuma tani dalam meningkatkan kesejahteraan petani singkong.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Data yang digunakan adalah data utama dan data pembantu. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan pencatatan. Sebanyak 5 petani singkong sebagai sampel yang digunakan dalam penelitian ini tergabung dalam kelompok tani Kusuma di Desa Ngemplak Kidul. Teknologi pengumpulan data menggunakan metode analisis data yaitu deskriptif dan kualitatif.
Bedasarkan uraian diatas peneliti dapat menarik kesimpulan Bedasarakan hasil penelitian diperoleh bahwa kesimpulan dari program pemberdayaan petani melalui teknologi dan informasi pertanian untuk meningkatkan kesejahteraan pada petani singkong Desa Ngemplak Kidul dilihat dari 4 indikator kesejahteraan yaitu dari pendapatan, keadaan dan fasilitas tempat tinggal, kesehatan dan pendidikan sudah berjalan efektif. Menurut pandangan ekonomi Islam, pemberdayaan pertanian untuk meningkatkan kesejahteraan petani merupakan pengetahuan petani, masyarakat atau kelompok agar mampumencapai taraf hidup yang lebih baik.Potensi besar yang dimiliki oleh manusia yakni Intelektual, Ekonomi dan Rohani. Faktor kesejehateraan dalam masyarakat Desa Ngemplak kidul ada tiga faktor yaitu : Faktor alam, Faktor masyarakat yang bekerja keras dan produktif dan faktor gotong royong yang selalu mereka terapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Program pemberdayaan petani; Teknologi dan informasi pertanian; Kesejahteraan petani; Petani singkong
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture > 635 Garden crops (Horticulture)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 01 Nov 2021 02:00
Last Modified: 01 Nov 2021 02:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13523

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics